Siapakah Mangaka Terhebat Versi Pecinta Manga??

Mungkin dari ribuan judul manga yang pernah terbit, nama-nama dibawah ini adalah mereka yang telah menyebarkan semangat bagi mangaka untuk berkarya dan mengembangkan Manga nya. Beberapa Otaku ‘Ekstrim’ mungkin akan menilai komik manga seperti sebuah kepercayaan/agama. Dan banyak diantara mereka yang menaruh kepercayaan terhadap Osamu Tezuka, beliau dipercaya sebagai pioneer mangaka-mangaka yang ada saat ini, dan mempopulerkan manga sebagai komik original dari Jepang. Banyak yang menyebut beliau sebagai “The God Of Manga” (mungkin terlalu berlebihan, tapi kalo di Indonesia mungkin lebih tepat sebagai “Bapak Manga” hehe.)

Namun manga sendiri saat ini begitu berkembang, dan memunculkan begitu banyak mangaka-mangaka di seluruh penjuru dunia. Dan jika manga dianggap sebagai kepercayaan, maka manga sepertinya bukan kepercayaan Monotheis, haha. Karena sekitar 25 tahun setelah wafatnya Tezuka, bermunculan lah mangaka-mangaka yang menyebarkan virus ke’otaku’an kepada pecinta manga di seluruh Dunia. Survey terhadap 24.420 pecinta manga memang telah menobatkan dirinya sebagai yang terbaik, namun ada 4 “dewa” lain yang hadir dalam list tersebut.

Memang tidak dipungkiri jika pertanyaan “Siapakah mangaka terhebat?” muncul, bagi mereka yang mengikuti sejarah manga menyebut nama Tezuka sebagai pilihannya. Tidak mengejutkan karena dalam perkembangan manga, beliau memberikan impact yang begitu besar. Salah satu karyanya Tetsuwan Atom atau yang lebih kita kenal sebagai Astro Boy merupakan karya klasik yang begitu sukses pada zamannya. Selain satu judul itu, beliau juga dikenal dengan sekitar 700 manga yang lain yang juga dikemas dalam sebuah oeuvre.

Osamu Tezuka dan Karakter yang ia ciptakan
Osamu Tezuka dan Karakter yang ia ciptakan

 

Bapak Manga dengan Baret Uniknya
Bapak Manga dengan Baret Uniknya

Dan yang mengekor dibelakang sang bapak manga adalah Fujiko F. Fujio. yup, dalam Polling tersebut beliau meraih peringkat kedua.  Beliau adalah satu dari duet pencipta serial dan salah satu franchise terbesar dari dunia manga yaitu Doraemon, yang juga dikenal dengan Nama Fujiko Fujio. Setelah duet ini berpisah sekitar tahun 1987, yang terpilih untuk melanjutkan seri Doraemon adalah Fujiko F. Fujio, mungkin itulah yang menyebabkan rangkingnya ini yang lebih tinggi dari mantan partnernya.

Fujiko F. Fujio Doraemon

 

Mantan Partnernya hanya finish di urutan Kelima, Motto Abiko, yang dikenal sebagai Fujiko Fujio A. juga dikenal sebagai pencipta serial manga yang “rendah hati” Ninja Hattori” adalah karyanya. Yah, kalau dilihat-lihat duet ini memag mempunyai artwork yang mirip-mirip, dengan plot cerita yang simpel tapi penuh pesan moral, terutama untuk anak-anak. Dulu waktu saya kecil dan mungkin juga bagi sebagian besar Akiba disini pasti pernah mengikuti, dan gak mau ketinggalan dengan Anime-anime semacam Doraemon, P-man, dan Ninja Hattori ini, well, mereka bagi saya mereka berdua memang sangat layak masuk di List ini.

Salah satu anime yang berkesan, "Dengan Plesetan OP versi Indonesianya" :p
Salah satu anime yang berkesan, “Dengan Plesetan OP versi Indonesianya” :p

Di Posisi Ketiga sendiri ada Akira Toriyama yang begitu terkenal dengan Dragon Ball. Siapa sih cowok yang gak pernah nonton Dragon Ball? perlu dipertanyakan tuh statusnya, hehe :p
Selain Dragon Ball dan sekuel-sekuelnya seperti Dragon Ball Z dan GT, dan juga lusinan Film-film animasi yang mengikutinya. Dia juga dikenal dengan judul-judul major lain daintaranya seperti Dr. Slump. Namun tetap saja Dragon Ball adalah line up nya, memang manga satu ini memberi kesan begitu besar bagi pecinta manga action sebelum begitu banyak manga action serupa muncul dengan cerita yang lebih fresh.

Masa Mudanya,, :D
Masa Mudanya,, 😀

Dan yang terakhir yaitu yang berada di posisi keempat dan dia juga merupakan yang paling muda di antara nama-nama besar ini. Sang pencipta Bajak laut Topi Jerami yaitu, Eichiro Oda. One Piece yang pertama kali diluncurkan sejak tahun 1997 bisa dibilang cukup tua, dan bagi siapapun yang telah membaca nya dari awal peluncurannya tidak akan hanya bernostalgia, namun juga bisa mewariskan terhadap keturunannya keseruan para bajak laut ini. Karena dengan usianya yang sekarang One Piece bisa dinikmati oleh dua generasi sekaligus.

One Piece yang belum terlihat akan melambat
One Piece yang belum terlihat akan melambat

Tidak hanya sebagai satu-satunya “dewa manga” yang hanya mempunyai satu “Hit” dalam Poll ini, Oda juga satu-satunya yang masih aktif menulis sampai sekarang. Hampir menembus usia yang kedua puluh, One Piece sepertinya tidak menunjukkan bahwa ceritanya akan berhenti dalam waktu dekat ini. Dan di usianya yang masih 39 tahun, Oda masih memiliki kesempatan yang begitu besar untuk mengambangkan karya-karya lain nya. Dengan kepopuleran nya saat ini, mungkin tidak sulit baginya untuk membuat karya yang akan booming nantinya, dan bisa saja dia akan melampaui pencapaian yang diraih oleh Bapak Manga, Tezuka. Yah kita lihat saja sepak terjan “Dewa Muda” yang satu ini.

Source: My Navi