Saat ini ada beberapa tempat untuk menonton anime streaming yang legal dan bisa juga gratis seperti Crunchyroll, dan begitu juga website tempat untuk membaca manga yang secara legal dan gratis juga. Dan baru-baru ini diumumkan kalau baru dibuka website servis baca manga macam itu lagi, dengan Shueisha XFLAG pada awal minggu ini membuka sebuah free website manga action sport, lets cekidot!

Dua nama yang besar dalam dunia animanga, dengan XFLAG adalah perusahaan developer game yang juga terkenal terlibat dengan studio Trigger dalam memproduksi film anime Promare yang beberapa waktu lalu dirilis.

Dan Shueisha adalah penerbit berbagai manga dan majalah manga ternama, yang terkenal sebagai penerbit Shonen JUMP dan manga yang diserialisasikan disitu macam Dragon Ball, One Piece, Kimetsu no Yaiba, dan lain-lain lagi.

Dan minggu ini mereka membuka website spesial yang bernama SpoBato Manga Kenkyuujou yang berarti Tempat Penelitian Manga SpoBato dengan SpoBato merupakan gabungan dari kata Sport dan Battle, yang merupakan dua genre manga yang menjadi fokus website tersebut.

Shueisha dan XFLAG menjelaskan kalau web SpoBato Manga Kenkyuujou tersebut adalah “Situs Manga Gratis Limited Time” yang fokus pada genre Sport dan Battle yang dipakai untuk melakukan riset demi masa depan manga. Yang sepertinya berarti manga yang dirilis di website tersebut memiliki batasan waktu gratis.

Untuk saat ini ada sekitar 15 judul manga berseri dan 3 manga one shot yang diluncurkan dalam situs tersebut. Dan menariknya, mereka juga memiliki channel Youtube sendiri dimana mereka telah merilis iklan animasi dari beberapa manga mereka.

Contohnya manga battle berjudul Guardian Dogs buatan Asuma Tatsutoshi dan Fuku yang iklannya dianimasikan studio A-1 Pictures, atau manga sport racing berjudul Draive Ark buatan Mikunishin yang iklannya dianimasikan oleh 7doc.

Ini bukan situs manga gratis pertama dari Shueisha, yang sebelumnya membuka situs JUMP Plus tahun 2014 lalu, dan tahun ini baru membuka situs dan app MANGA Plus yang merupakan versi Inggrisnya, yang sesuai namanya berisikan manga JUMP yang diterbitkan Shueisha.