Buat kamu para pecinta anime yang bertemakan mecha pasti tahu dengan Kuromukuro. Anime yang baru saja tayang pada musim semi tahun 2016 ini mengadakan screening anime di acara AFAiD kemarin dengan dihadiri oleh sang seiyuu utama yaitu Youhei Azakami dan sang produser Oshima-san. Kuromukuro merupakan salah satu anime yang dibuat oleh P.A Works dengan mengambil latar belakang dari perfektur Toyama, Jepang.

Oshima-san menjelaskan bahwa Kuromukuro merupakan sebuah robot humanoid yang ditemukan 60 tahun lalu didalam dam. Dalam anime ini terdapat dua jenis robot yaitu kuromukuro dan gaus. Perbedaan antara kedua robot tersebut adalah senata yang digunakan oleh kuromukuro lebih tradisional yaitu dengan menggunakan pedang sedangkan Gaus menggunakan peralatan yang lebih modern seperti senjata api dan bom.

Youhei Azakami Kuromukuro
Youhei Azakami

Yohei-san yang merupakan seiyuu dari karakter benama Kennosuke Tokisa, seorang remaja dari jaman samurai yang dihidupkan lagi di dunia sekarang sehingga dirinya tidak tahu bagaimana cara memakai komputer dan teknologi. Memerankan tokoh seperti itu menjadi itu tantang buat dirinya karena harus berperan sebagai anak yg tidak menerti apa-apa seiring dengan perkembangan teknologi.

Tantangan lain ketika sedang memerankan Kennosuke adalah karena ia seorang samurai pada jaman dahulu, sementara pada jaman sekarang seorang samurai sangatlah susah ditemukan sehingga ia harus bisa menerka bagaimana jiwa seorang samurai, bagaimana ekspresi seorang samurai dalam menyembunyikan perasaannya maupun menutupi perasaan halus, lemah lembut yang sebenarnya dimilki oleh samurai tersebut.

Yohei-san juga berkata ketika sedang rekaman pada adegan bertarung dengan Kuromukuro, dia berpikir bahwa dia adalah Kuromukuro dan mencurahkan seluruh hatinya dalam peran tersebut sehingga bisa menyatu dengannya.

Kennnosuke tampil pertama kali
Kennnosuke tampil pertama kali

Pada anime showcase juga ditampilkan beberapa scene. Scene pertama adalah pada saat Kennosuke pertama kali muncul didalam anime dan merasa kebingungan dengan lingkungan sekitar. Sang seiyuu tampan itu berkata pada saat rekaman ia merasa sedikit nervous namun seiring berjalannya waktu ia mulai menikmatinya. Scene selanjutnya adalah ketika Kennosuke sedang makan bersama dengan Yukina dipadang rumput. Youhei-san berkata bahwa adegan tersebut sangat penting karena Kennosuke berkata bahwa ia akan melindungi sang putri dengan sangat serius namun pada detik berikutnya scene romantic tersebut berubah menjadi komedi karena onigiri yang dimakan kennosuke berisi kare dengan ukuran yang sangat besar hal tersebut sangat tidak wajar di Jepang.

Pada akhir sesi anime showcase Kuromukuro Oshima-san untuk pertama kalinya memperlihatkan PV dari Kuromukuro sekaligus mengumumkan berita season 2 dari anime ini akan tayang pada fall ini. so, buat kamu yang sudah mengikuti anime ini sebelumnya, siap-siap dengan kehadiran Kennosuke dan kawan-kawan pada musim mendatang. Dan buat Akiba-chan dan Akiba-kei yang belum nonton Kuromukuro, anime ini bisa kamu masukkan kedalam watch-list kamu.