Akiba-chan dan Akiba-kei yang menyukai sejarah dan seluk beluknya pasti nggak bakal melewatkan anime sejarah yang bakal mimin bahas dibawah ini. Sekalian buat nambah pengetahuan juga bagi yang masih berkutat dengan romance, horror, humor, action atau bahkan ero-hentai, coba deh untuk menengok genre yang sedikti nyungsep ini. Dijamin kalian bakal menemukan sensasi baru yang jarang kalian temui di anime jaman sekarang.

Dengan judul khas SHOWA GENROKU RAKUGO SHINJU, anime yang kental akan masa lalu dan sejarah tersebut sudah mulai tayang di channel televisi jepang mulai hari ini. Secara harfiah, Showa Genroku Rakugo Shinju (昭和元禄落語心中) dapat diartikan sebagai masa kejayaan Rakugo di era Showa Genroku. Ceritanyapun tak jauh dari judul tersebut. Tentang perjuangan seorang tokoh yang sangat menyukai Rakugo agar dapat menjadi pemain professional. Uniknya tokoh utama tersebut memiliki latar belakang kurang menyenangkan sehingga perjalanannya tidak dapat mengalir mulus seperti orang lain pada umumnya.

Ada yang belum tahu apa itu Rakugo? Mimin ceritain sedikit deh, Rakugo (落語) atau pada awalnya lebih dikenal dengan Karukuchi (軽口) adalah sebuah bentuk hiburan di jaman jadul jepang berupa cerita verbal, kalau di dunia barat sama seperti Storytelling kali ya. Jadi pada saat pementasan, artist Rakugo yang disebut dengan Kouza akan duduk di panggung dengan pakaian khas jepang seperti kimono tetapi lebih pendek dan membawa kipas kertas, lalu menyampaikan kisah-kisah dari buku atau komik untuk menghibur para penonton yang setia mendengarkannya.

Rakugo anime (1)

Showa Genroku Rakugo Shinju sendiri merupakan serial yang dikarang oleh Kumota Haruko yang menyoroti pahit manis kehidupan seorang Kouza. Awalnya serial ini diterbitkan pada tahun 2010 dan telah menginspirasi dua buah anime OVA. Karena begitu diminati penonton yang merindukan genre historical fiction, kahirnya dibuatlah versi televisi seriesnya. Alasan lain mengapa Studio Deen (studio animasi yang pernah menghasilkan anime anime favorit papan atas sekelas Rurouni Kenshin/Samurai X, Initial-D, Patlabot, Hetalia dan Nurarihyon) mau bersusah payah mengangkat anime berat ini juga karena serialnya telah menyabet beberapa penghargaan besar seperti Kodansha Manga Award, Excellence Award dari Japan Media Arts Festival, serta Osamu Tezuka Cultural Prize tahun 2013.

Staff produksi yang menangani anime Showa Genroku Rakugo Shinju juga dibuat khusus dan terkesan beda dengan menambahkan beberapa tokoh penting mengingat ini merupakan anime sejarah yang tak boleh terjadi kesalahan sitilah maupun scenenya. Anggota staff tersebut diantaranya Hatakeyama Mamoru di bagian sutradara, Hosoi Mieko bagian desainer karakter, Kana Shibue di bagian musik, Tsujitani Kouji bagian Sound serta Hayashiya Shinpei-Sensei sebagai korektor Rakugo. Pembuatan animasi dilakukan dibawah nama Studio DEEN.

rakugo1

 

Selain itu beberapa seiyuu yang muncul pun kebanyakan adalah seiyuu khusus Tomokazu Seki sebagai tokoh utama Yotarou. Yamadera Koichi sebagai Sukeroku, Ishida Akira sebagai Kikuhiko, Kobayashi Yu sebagai Konatsu, serta Megumi Hayashibara sebagai Miyokichi. Beberapa seiyuu tambahan yang frekuensi kemunculannya tidak seheboh seiyuu sentral juga ada yang di sebutkan: Yanaka Hiroshi sebagai Yakumo Yurakutei generasi ke tujuh, Hayashiya Shinpei sebagai Nekosuke, Sudou Shou sebagai Ani-san, Ushiyama Shigeru sebagai Matsuda, Kase Yasuyuki sebagai Kakak Yakuza, Yamaguchi Kappei sebagai Amaken, Yusa Koji sebagai Mangetsu dan Chafurin sebagai Mr. Bansai

Kabar terbaru dari anime yang sudah mengudara melalui channel MBS, TBS dll pada pukul 2:40 dini hari, kemarin sebelum debut sempat mengunggah video trailer terakhir yang memperlihatkan theme song berjudul Usurahi Shinju yang dinyanyikan oleh pemeran tokoh cewek utama, Megumi Hayashibara. Jika kalian belum merasa yakin bahwa Showa Genroku Rakugo Shinju  adalah anime langka yang keren maka dengan menonton beberapa video trailer dibawah ini kalian bakal menemukan pencerahan. Dan setelah itu kalau udah kebelet nonton dan terlanjur penasaran bisa deh coba streaming di official website mereka. Ya tapi versi raw tanpa subtitle sih, hehehe.

Showa Genroku Rakugo Shinju bercerita tentang seorang mantan narapidana yang dibebaskan karena telah berkelakuan baik selama menjalani masa tahanannya dan dipanggil dengan nama Yotarou. Setelah kembali ke kehidupan sosial di dalam masyarakat. Ia terpesona dan berkeinginan untuk menekuni dunia Rakugo. Ia sangat mengagumi peran Yakumo (seorang Kouza) sebagai seorang ‘Shinigami” diatas panggung sehingga membuntui orang tersrbut untuk mengajarinya Rakugo. Pada akhirnya si Yotarou dibawa ke rumah sang Yakumo dan bertemu dengan anak gadisnya (yang kemudian dipanggil dengan sebutan Ane-go. Disanalah ia banyak belajar tentang bagaimana menjadi seorang Kouza yang baik, namun disisi lain ia juga mengetahui suatu penyataan bahwa kehidupan sang idola ternyata tak semulus Rakugo yang dibawakannya diatas panggung. Banyak konflik yang terjadi termasuk kehidupan dengan sang anak yang tidak begitu harmonis. Terlanjur bertekad bulat, Yotarou malah menjadi tokoh penetral segala hal…

Bagi kalian yang memang benar-benar mencari anime beda dari lainnya, Showa Genroku Rakugo Shinju patut dijadikan anime yang masuk deretan list tonton awal musim dingin tahun 2016. Meskipun ceritanya tak diperuntukkan untuk kalangan anak-anak karena cukup kompleks dan lumayan berat untuk dicerna sekali jalan, tetapi bagi penikmat sejarah apalagi bagi yang sangat ingin tahu tentang seluk beluk budaya jepang anime ini cocok sekali karena bakal menyajikan informasi menarik. Selain menghibur, kalian juga bisa mengambil banyak pembelajaran dari bagaimana keadaan kehidupan Kouza dan Rakugo di Era Showa. Jadi nggak perlu melulu lihat cinta cintaan atau perang perangan. 😀

Rakugo anime (2)

  • Syarief Ahmad Jauhar

    sepertinya akan masuk watchlist saya nih

    • Reinrin_

      keren nih, langka banget anime bertema kayak gini 😀

  • Wildan Nugraha

    udah masuk watchlist…. memang keren nih anime,, cuma pembawaannya di awal episode terkesan terlalu cepet :3 moga2 bisa diimbangi & kayak Rurouni Kenshin :3