Shonen JUMP memang umumnya memiliki kisah manga berisikan petualangan apik fantasy ringan atau ecchi romance comedy, tapi kadang suka ada yang ceritanya tampil beda dengan lebih edgy, dan salah satunya adalah manga Yakusoku Neverland, yang membuatnya jadi terkenal. Akan tetapi fans perlu bersiap-siap, karena akhir dari manga tersebut hampir mendekat, yang diberi tease lagi oleh JUMP kemarin.

Promised Neverland atau Yakusoku no Neverland untuk judul Jepangnya, berawal dari manga yang dibuat oleh Shirai Kaiu dan Demisu Pozuka, dan diserialisasikan dalam majalah manga mingguan Shonen JUMP sejak Agustus 2016.

Mengisahkan tiga anak yatim piatu bernama Emma, Norman, dan Ray, yang tinggal bahagia dan damai dalam panti asuhan Grace Field House. Tapi suatu hari mereka menemukan rahasia gelap panti tersebut mengenai anak-anak yang “diadopsi” keluar, membuat mereka berusaha kabur dari situ bersama anak-anak lainnya.

Manga itu kemudian mendapatkan adaptasi anime, yang tayang pada tahun 2019 kemarin. Dan kemudian diumumkan mendapatkan season baru lagi, yang awalnya direncanakan tayang pada musim Fall 2020, akan tetapi karena wabah virus corona yang menghalangi produksinya, jadwal tayangnya diundur jadi bulan Januari 2021 nanti.

Tapi setidaknya pada media layar, fans tetap dapat bersenang-senang dalam tahun 2020 ini karena sejauh ini tak ada pengumuman delay untuk projek film live-action Yakusoku no Neverland yang akan dibintangi Hamabe Minami, yang dijadwalkan untuk ditayangkan di bioskop Jepang pada bulan Desember 2020 nanti.

Tapi balik ke poin utama dan bicara soal “akhir”, manga Yakusoku no Neverland sendiri sebenarnya hampir mendekati akhir, dengan tahun 2018 lalu kisahnya dikatakan sudah memasuki arc terakhirnya dan Shirai Kaiu mengatakan ia tak ingin ceritanya berjalan terlalu panjang.

Dan selesainya manga itu sedikit dipastikan, dengan edisi baru majalah manga Shonen JUMP yang dirilis tanggal 25 kemarin memberi teaser akan chapter klimaks dari Yakusoku no Neverland. Sesuatu yang hype karena ini juga setelah perilisan chapter final dari seri manga JUMP populer lain pada masa ini, Kimetsu no Yaiba.