Date Masamune dikenal sebagai Sang Naga Bermata Satu dari Jepang. Keahliannya dalam menyusun strategi dan luasnya daerah kekuasaan membuat beliau dikenal. Nah, Akiba – chan dan Akiba – kei, Date Masamune dikenal mempunyai tachi tersayang. Dia adalah Shokudaikiri Mitsutada.

shokudaikiri-crest

Untuk Akiba – chan dan Akiba – kei yang main game Touken Ranbu pasti sudah tidak asing lagi dengan Mitsu – chan. Apalagi tachi kece satu itu juga ikut ambil andil dalam anime Touken Ranbu Hanamaru. Pembawaan karakternya yang cool abis dengan satu mata tertutup ala – ala Date Masamune pun menjadi ciri khasnya.

“I’m Shokudaikiri Mitsutada. I’m a katana that was once used by Lord Date Masamune.”

Walaupun desain karakter dan pedang aslinya keren banget, ada kisah tersendiri nih dibalik nama Mitsu – chan. Jadi sebenarnya, Lord Masamune memberi nama pedang sepanjang 66.75 cm hasil tempaan Osafune Mitsutada saat membunuh seseorang dan tidak sengaja tempat lilin yang ada di sana ikut terpotong.

tumblr_ninbdkuu0g1ruhzumo1_1280

“I don’t harbor any bad feelings towards Lord Masamune, but my name comes from a time when I killed someone and happened to cut a candlestick that was nearby at the same time…”

Bahkan pedangnya sendiri pun protes…

“Although it really was a bronze candlestick holder, it would’ve been cooler if it had been something a bit more durable.”

Shokudaikiri Mitsutada dalam Touken Ranbu digambarkan dengan sosok pemuda tampan memakai setelan hitam dengan eyepatch di mata sebelah kanan. Hal ini mencerminkan Date Masamune.

Lord Masamune kehilangan mata kanannya karena cacar yang diderita saat beliau masih kecil. Ia juga dikenal sebagai pelopor dari teknologi dan budaya Barat. Di Touken Ranbu Hanamaru terlihat adegan Shokudaikiri yang sedang memasak sarapan bersama Kasen Kanesada. Keahlian ini pun diturunkan oleh Date Masamune. Dalam sejarah, Masamune dikatakan pernah memasak untuk Hideyoshi saat daimyo lain datang berkunjung.

touken_ranbu___the_swords_of_date_clan_by_miyukiko-d8qmv7f

Like Owner Like Sword lah ceritanya.

Walaupun dikenal sebagai pedang milik Date Masamune, banyak yang mengatakan bahwa tuan Mitsu – chan yang pertama adalah Oda Nobunaga. Hal ini didasarkan teori bahwa Oda Nobunaga sangat menyukai pedang buatan Mitsutada dan memiliki 25 pedang dari penempa tersebut.

Shokudaikiri Mitsutada ditempa di antara tahun 1249 sampai dengan 1255. Setelah dimiliki oleh Oda Nobunaga, pedang tersebut diberikan kepada Toyotomi Hideyoshi yang kemudian memberikannya kepada Date Masamune. Setelah insiden potong tempat lilin tembaga itu, nama “Shokudaikiri” yang berarti ‘Candlestick – Slasher’ pun diberikan.

Baca Juga: Tokugawa Ieyasu : Shogun Yang Namanya Tak Pernah Dilupa

Kalau di game Touken Ranbu, Shokudaikiri Mitsutada, Ookurikara, dan Tsurumaru Kuninaga sering digambarkan bersaudara. Trio ini disebut sebagai Dategumi. Bukan tanpa alasan, tetapi memang tiga pedang ini pernah bersama dalam melayani Klan Date. Walau begitu, tetapi sebenarnya Tsurumaru Kuninaga datang ke Klan Date ratusan tahun setelah Mitsu – chan pergi. Dategumi lain adalah Taikogane Sadamune yang juga dijadikan karakter di game Touken Ranbu. dan dapetinnya susah banget gusti

 

Setelah Masamune wafat, Shokudaikiri dipindah tangankan ke keluarga Tokugawa. 300 tahun kemudian Shokudaikiri dinyatakan hilang saat gempa bumi di Kanto. Kabar baiknya, pada tahun 2015 Museum Tokugawa menyatakan bahwa mereka menyimpan pedang tersebut dan dipamerkan pada tanggal 17 Mei 2015, dan dipamerkan kembali pada tahun 2016.

11295754_941177142599345_3940870251385902755_n