Sebuah film live action adaptasi dari novel romance karya Hiro Arikawa berjudul SHOKUBUTSU ZUKAN (植物図鑑) telah menemui titik terang akan premiere pada 4 Juni 2016. Mereka juga telah mengunggah sebuah video trailer melalui akun youtube resmi project ini. Dalam video tersebut memperlihatkan cuplikan kemesraan dua tokoh utama.

Film yang bakal mengangkat kisah cinta romantis ini dibintangi oleh Iwata Takanori dari grup musik ternama EXILE/Sandaime J Soul Brothers (EXILE TRIBE) dan aktris cantik Mitsuki Takahata. Takanori akan berperan sebagai “pangeran yang tersesat” yaitu Itsuki. Sedangkan Mitsuki akan berperan sebagai tokoh utama bernama Sayaka. Film ini disutradarai oleh Miki Koichiro dan mengambil cerita asli dari novel yang diterbitkan Kadokawa Shoten sejak tahun 2009.

Shokubutsu Zukan menceritakan tentang kisah Sayaka, seorang wanita pekerja kantoran yang biasa aja bahkan bisa dibilang hidupnya tidak mulus. Tidak dengan pekerjaan nya maupun dengan kisah cinta nya. Suatu hari ia menemukan seorang pria yang sekarat–hampir-mati di depan apartemen tempat ia tinggal. Pria itu berkata “Nona, bila anda tak keberatan bolehkah saya ikut dengan anda?”. Entah dengan alasan apa akhirnya Sayaka malah membawanya masuk dan sejak saat itu mereka mulai hidup bersama. Diluar dugaan, ternyata Itsuki orang yang pandai memasak, ia juga dapat membuat ramuan herbal. Ia mengajari Sayaka banyak hal dan merekapun lama-kelamaan menjadi dekat.  Tetapi, ternyata Itsuki memiliki sebuah rahasia yang suatu saat harus diungkapkan….

Shokubutsu film (1)