Mina-san disini apakah ada yang suka catur Jepang alias Shogi? Permainan tradisional tersebut lumayan diketahui dan digemari, dan banyak muncul di berbagai anime/manga. Tapi tak banyak anime yang memakai permainan tersebut sebagai tema utama cerita, seperti Sangatsu no Lion atau Shion no Ou. Tapi ada kabar bagus buat yang mau anime bertema Shogi, karena light novel Shogi moe RyuuOu no Oshigoto kan jadi anime.

Ryuuou no Oshigoto
Unch unch… unyu nya…

RyuuOu no Oshigoto adalah Light Novel karya Shiratori Shirou dengan ilustrasi oleh Shirabi. Mengisahkan seorang remaja bernama Yaichi Kuzuryuu, pemain Shogi terhebat dalam sejarah, sampai mendapat gelar RyuuOu, yang berarti Dragon King. Dan suatu hari, seorang anak SD pencinta Shogi bernama Hinatsuru Ai muncul. Mengaku kalau Yaichi berjanji untuk menjadi gurunya. Tapi apakah janji itu benar dibuat? Dimulailah kisah guru-murid Shogi ini.

Waaah permainan shogi tapi dicampur dengan elemen moe? Terdengar seru dan imut tuh. Dan itu dapat dilihat dari resepsi novelnya. Light novel RyuuOu no Oshigoto menempati posisi nomor 1 pada penghargaan Kono Light Novel ga Sugoi 2017 dalam kategori Bunkobon. Sementara ilustratornya, Shirabi, juga meraih posisi 8 dalam list Top 10 ilustrator dalam penghargaan tersebut berkat seri ini.

Mengenai animenya, banyak info yang telah diberikan melalui teaser trailernya. Anime ini akan dibuat oleh studio project No.9 dan disutradai oleh Yanagi Shunsuke, kedua nama yang sebelumnya juga membuat anime NetoGe. Dan untuk membuat elemen moe moe para karakter lebih berasa.. moe, perlu seiyuu yang bersuara moe juga, dan mereka juga telah diumumkan;

  • Yaichi Kuzuryuu diperankan oleh Uchida Yuuma
  • Hinazuru Ai diperankan oleh Hidaka Rina
  • Yashajin Ai diperankan Sakura Ayane
  • Sora Ginko diperankan Kanemoto Hisako
  • Kiyotaki Keika diperankan Kayano Ai
  • Mizukoshi Mio diperankan Kubo Yurika
  • Sadatou Ayano diperankan Hashimoto Chinami
  • Charlotte Izoard diperankan Ogura Yui

Banyak nama terkenal yang terlibat nih. Dan para wanitanya juga ada berpengalaman mengisi suara karakter loli 😉 semoga jadi adaptasi anime yang sebagus original light novelnya. Selamat untuk Shirabi sensei & juga Shiratori sensei. Yang bahagia novelnya dianimekan sampai Shiratori merayakannya dengan pergi ke pantai dan bercosplay sebagai bidak Shogi 😀

https://twitter.com/nankagun/status/884774649992593412