Kita sudah melihat kalau negara Jepang sangat serius menghadapi pembajakan. Dari penangkapan penjual kartu Yu-Gi-Oh langka bajakan sampai meminta provider internet Jepang untuk mengeblok website manga scan ilegal. Dan sekarang Jepang, atau spesifiknya penerbit Shogakukan, melakukan hal lain untuk menghadapi pembajakan, yaitu dengan meminta website video Youtube untuk bersama meregulasi penyebaran manga bajakan digital.

Loh kok Youtube? Kalau anime bajakan yang di-upload tanpa izin sih masih nyambung karena memang suka ada mereka yang upload full eps video anime disitu. Tapi kenapa Youtube malah diminta bantu memburu Manga? Kan kertas/picture bukan video..

Ternyata karena website Youtube juga sudah dipakai untuk menyebarkan manga secara digital melalui video. Mina-san mungkin sudah pernah melihat video yang isinya berbentuk slide show manga, video macam itu jelas melanggar undang-undang hak cipta, tapi yang jadi fokus disini bukan yang itu.

Karena ada bentuk lain lagi dari pembajakan manga dalam bentuk video. Caranya adalah dengan menghilangkan gambar-gambarnya, jadi konten videonya hanya memperlihatkan apa yang tertulis pada speech bubble manga tersebut.

Ini membuat pemilik video bisa menghindari copyright strike karena manga yang dibajak tak terlihat secara visual. Penyebaran manga bajakan dalam bentuk video ini memang suka dipakai karena menyebarnya tak perlu repot melalui website manga scan.

Dan video macam itu dipakai untuk membajak chapter manga baru dalam bentuk spoiler video, contohnya manga Ushijima the Loan Shark, yang ditemukan dan dilaporkan oleh Shogakukan pada awal bulan Oktober kemarin kepada Pengadilan Distrik Tokyo atas nama sang mangaka Ushijima, Manabe Shohei.

Walau tak ada gambar visual manga, Shogakukan tetap menganggap kalau ini adalah pelanggaran undang-undang hak cipta, karena video tersebut memperlihatkan tulisan-tulisan yang diambil dari manga tersebut tanpa izin.

Dan Pengadilan Distrik Tokyo telah memberikan keputusan atas masalah ini kemarin-kemarin. Dan mereka menyetujui pendapat Shogakukan. Dengan ini Youtube akan diminta untuk memberikan info user yang membuat video spoiler manga, baik itu video dengan visual maupun tanpa visual.