Kita sudah mendengar berbagai kabar akan orang-orang tua yang tak kalah gaul dan keren dengan para generasi muda. Dari nenek yang jago sotosop sampai sepasang kakek nenek yang menunjukkan kalau fisiknya masih atletis dengan main DDR. Tapi walau kabar macam itu seringnya dari Jepang, mereka yang dari luar Jepang juga bisa ada loh mina-san. Contohnya Shirley Chua, cosplayer 20 tahun keren asal Singapore.

Unik ya mina-san. Kita mungkin sering melihat cosplayer remaja atau dewasa, tapi agak jarang melihat ada cosplayer yang tak hanya berminat tapi juga masih aktif bertenaga diusia yang lebih tua dalam menelusuri hobi tersebut. Dan Ibu Shirley ini adalah salah satunya, yang diumurnya yang ke-70 tahun masih aktif bercosplay, membuatnya mungkin cosplayer tertua di Singapore.

Ibu Shirley Chua menceritakan mengenai hobi cosplaynya dan hidupnya dalam sesi interview yang dilakukan oleh The Good Guyde. Dalam sesi wawancaranya itu ia cosplay sebagai karakter game fighting klasik Street Fighter dengan kaki sexy, Chun-Li.

Ia menceritakan kalau ia suka melakukan cosplay Superwoman karena ia suka Superman. Tapi ia juga pernah melakukan karakter anime, seperti Kiryuuin Ragyo dari anime Kill La Kill, yang ia cosplay karena menurut Bu Shirley, Ragyo itu karakter yang sexy. Karakternya yang lain adalah nenek sniper dari game Overwatch, Ana, yang tak hanya cocok dengan umurnya, tapi kostumnya juga terlihat sangat mirip dengan originalnya.

Dan yang agak mengejutkan lagi, ternyata kostum-kostum cosplay yang dipakai oleh Bu Shirley itu dibuat olehnya sendiri loh! Ia melakukan itu untuk berhemat, karena kostum jadi yang dijual bisa seharga 200 Dollar, sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk membuat sendiri bisa hanya 30 Dollar.

Shirley chua

Ia juga menceritakan beberapa pengalaman hidupnya. Bu Shirley lulusan SD tapi tak melanjutkan pendidikannya karena ia ingin langsung bekerja untuk menghidupi saudara-saudaranya. Dan ia telah melakukan beragam pekerjaan, bahkan jadi crane driver. Ia juga mantan kontestan beauty pageant loh. Dan hobi cosplaynya ini dilakukannya juga untuk mengenang masa-masanya itu.

Kesegaran fisik Bu Shirley terlihat lagi dengan dirinya masih aktif berolahraga sampai sekarang. Dan olahraganya yang berat juga loh, dari angka squat sampai angkat beban. Tapi kesegarannya tak hanya fisik, dengan jiwanya masih memiliki rasa kesenangan. Kata Bu Shirley, tak usah terlalu banyak khawatir, dan tak usah terlalu pikirkan isu orang lain, dan jangan terlalu banyak pikiran sebelum tidur, dan kamu akan lebih happy.

Nasehat yang bagus Bu 😉 terus semangat ber~cosplay~ria ya Bu 😀