Serial yang super sekali karena hanya memerlukan waktu singkat untuk meraup kepopuleran seperti SHINGEKI NO KYOJIN (進撃の巨人) memang selalu menundang rasa penasaran publik. Apalagi setelah membuat gebrakan anime yang cukup membuat hati para penonton deg-deg serr, kehadiran live actionnya sudah pasti bakal ditunggu-tunggu oleh penggemar setianya. Namun sepertinya, keseruan dan keganasan dari versi manganya nggak sepenuhnya dibawa sampai live action, bahkan sampai titik terbitnya anime season satu saja penonton sudah mulai mengeluh jenuh. Kendati demikian serial ini masih terus naik daun.

Setelah melihat pekembangan versi anime yang sedikit mengecewakan, para fans berharap banyak kehadiran film live actionnya dapat menjadi pengemangat sekaligus angin segar yang membawa akting memukau seperti di manga. Apalagi dengan di dukung aktor papan atas seperti Haruma Miura, Kiko Mizuhara, Kanata Hongo, Satomi Ishihara serta Hiroki Hasegawa, film ini terlihat sangat menjanjikan. Namun, ya, sekalinya hambar memang bakalan tetep hambar. Kompisisi aktor yang tersohor tak bisa membohongi mata publik. Meskipun sama-sama memakai acuan cerita keren dari Isayama Hajime, film live action yang disutradarai oleh Shinji Higuchi tersebut gagal melejit. Akibatnya, SHINGEKI NO KYOJIN LIVE ACTION mendapat gelar FILM PALING MENGECEWAKAN.

Gelar tersebut diputuskan berdasarkan hasil polling yang diadakan oleh situs cinema today. Selain berdasarkan polling, film ini ternyata juga telah mendapat kecaman dan kritikan dari berbagai pihak. Setidaknya ada seratus empat puluh kritikus jepang melayangkan komentarnya, bahkan sang sutradara juga sempat menyatakan kekecewaanya terhadap staff produksi yang tidak diisi oleh orang-orang yang dulu di pilihnya sehingga setelah pembuatan selesai ia langsung cabut tanpa banyak komentar. Ya mungkin karna gak enak gitu ya kerjasama dengan orang-orang baru jadinya nggak menghasilkan film yang bagus deh. Sang script writer juga mengakui perubahan yang ada di dalam film telah disetujui oleh Hajime-Sensei termasuk perubahan plot dan karakter yang memang kelihatan aneh. Dan ternyata film keduanya juga bernasib tidak jauh berbeda. Selain Shingeki No Kyojin, situs cinema today juga memperlihatkan delapan film lain yang mendapat predikat buruk di mata penonton. Diantaranya adalah sebagai berikut:

 

10 – Jurassic World

Film Paling mengecewakan no 10

 

9 – Tomorrowland

Film Paling mengecewakan no 9

 

8 – Session (Whiplash)

Film Paling mengecewakan no 8

 

7 – Chappy

Film Paling mengecewakan no 7

 

6 – Fantastic Four

Film Paling mengecewakan no 6

 

5 – Avengers: Age of Ultron

Film Paling mengecewakan no 5

 

4 – Shingeki No Kyojin: End of the World

Film Paling mengecewakan no 4

 

3 – Galaxy Kaidou

Film Paling mengecewakan No 3

 

2 – Terminator Genisys

Film Paling mengecewakan no 2

 

1 – Shingeki No Kyojin

Film Paling mengecewakan no 1

 

Yap, hampir 80% film yang di judge kurang menarik memang berasal dari luar Jepang. Ini entah karena kurang menarik bagi orang jepang atau memang reputasinya buruk dimata dunia. Yang jelas, sangat disayangkan dua film besar dari serial yang manganya amat melelit malah menempati posisi paling menyakitkan dan mengecewakan. Semoga lain kali team staff produksi untuk film-film live action jepang diperhatikan lebih mendalam 😀