Hello Akiba-chan dan Akiba-kei pasti sudah nggak asing lagi dengan para artis VOCALOID. Yak, virtual idol yang ketenarannya nggak pernah mati ini memang patut jadi diola abadi. Meskipun tidak memiliki anime apalagi film, makhluk-makhluk ciptaan Yamaha yang secara official digawangi Hatsune Miku, si Kembar Kagamine Rin an Len serta Megurine Luka ini punya segudang lagu yang nggak bakal habis kalian dengerin sebulan penuh. Belum lagi sederetan video pendek dan official MV yang dibikin langsung oleh tangan-tangan dewa. Dijamin nggak bakal kehabisan tontonan.

Kali ini mimin akan ajak kalian menyoroti keberadaan si kembar, oh, nggak, lebih tepatnya salah satu lagu yang tergolong baru dari Rin an Len. Dibilang baru karena official music video mereka baru diluncurkan tahun kemarin. Rin an Len, dua anak unyu pemakai tattoo nomor dua di lengan ini memang spesialis pembawa lagu kesedihan (kalau anak fanfic nyebutnya angst ya, haha). Hampir semua lagu yang dikerjakan staff untuk Rin dan Len memiliki unsur menyayat hati, kalau nggak gitu ya paling unsur jahat yang khas. Masih ingat lagu Aku no Meshitsukai atau Servant of Evil? Dalam lagu tersebut menceritakan kisah Len yang bersedia mati demi kembarnya Rin, sekilas memang kelitahan sekali Rin yang jaha ya, tapi apakah kalian pernah membaca sampai habis rantai ceritanya? Ternyata Rin hanyalah korban karena diperlakukan tidak manusiawi oleh orang disekitarnya sehingga membuatnya tumbuh tak berhati.

Shikiori

Kesampingkan dulu kisah Rin dan gelarnya sebagai ratu kejam. Kali ini kita akan membahas tentang kebaikan nya. Dalam MV lain tentunya. Hehe. MV berjudul SHIKIORI NO HANE (四季折の羽/Feather Across The Season) buatan ひとしずくxやまΔ (baca: Hitoshizuku_Yamasankakkei) menceritakan kisah kedua vocaloid ini dengan tema yang jepang banget. Kita bahas judulnya dulu. Judul diatas secara harfiah dapat diartikan sebagai perjalanan bulu/sayap yang mengarungi empat musim. Ya, isinya juga tak jauh berbeda dengan makna judul tersebut. MV ini terinspirasi dari dongen rakyat jepang tentang balas budi burung bangau yang lebih dikenal dengan judul “Tsuru Ongaeshi/Tsuru Nyoubou”. Music dan liriknya dibuat oleh Hitoshizuku dan Yamasan, lalu diilustrasikan oleh Suzunosuke, untuk komposisi movie digarap dengan bantuan TSO/VAVA. Tangan-tangan handal tersebut memang sudah terbiasa menciptakan gebrakan baru untuk Rin an Len sehingga jelas hasil karya kali ini juga sangat memuaskan.

Shikiori1

Cerita yang dibawakan dalam MV Shikiori no Hane lebih soft dan lebih bikin kokoro lelah ketimbang dongeng versi aslinya. Versi asli dongeng Tsuru Ongaeshi memiliki ending yang klasik, si bangau kepergok dan lari dari rumah petani, berbeda dengan cerita di dalam MV Shikiori no Hane. Disini diceritakan Len adalah seorang petani miskin sakit-sakitan yang suatu hari membebaskan seekor bangau dari jeratan perangkap. Burung bangau itu langsung terbang tinggi dan hanya menjatuhkan sehelai bulu sayap. Suatu hari seorang wanita cantik datang ditengah badai salju dan bersedia dijadikan istri oleh Len, ialah Rin, jelmaan dari bangau terdahulu. Ia mengabdikan diri sebagai seorang istri untuk membalas kebaikan Len. Suatu hari Len jatuh sakit dan mereka tidak memiliki uang untuk membeli obat, dengan cekatan Rin menenun bulu sayapnya sendiri menjadi kain untuk ditukarkan dengan obat. Hari demi hari Rin semakin ketakutan, takut Len mati, takut juga jika ia kehabisan bulu dan Len akan membencinya ketika ia tau sosok asli dirinya. Namun demi agar Len sembuh akhirnya Rin tetap menenun meskipun itu menyakiti tubuhnya sendiri. Perasaan ketakutan Rin disampaikan dengan sempurna dalam MV ini, kegelisahan terpancar dari lirik lagu yang menyayat hari seperti pada bait “itsuka watashi ga hito janakunattemo, anata wa watashi wo aishite kuremasuka?” (meskipun suatu hari aku bukan lagi manusia, apakah kamu akan tetap mencintaiku?). Apalagi didukung mendayu-dayu, dijamin amber…. Cubit mimin deh kalau kalian nggak nangis habis nonton MV ini (T____T)

Silahkan dilihat MV nya sambil meresapi liriknya ya….

Lyrics translate by Erin
Lyrics translate by Erin

Shikiori2