Dengan ramainya industri anime di Jepang, tak jarang anime juga jadi format yang dipakai untuk iklan, malah ada banyak dan tak kalah kece dengan acara anime biasa, dan brand yang diiklankan juga begitu beragam, dari ban mobil hingga pabrik besi. Dan tentu, shampoo juga bisa, seperti yang ditunjukkan oleh brand shampoo internasional Head & Shoulders, yang merilis sebuah iklan anime dengan aksi yang kece.

Yup, Head & Shoulders, shampoo yang terkenal sebagai pencegah rambut berketombe. Brand itu memang berasal dari Amerika, yang pertama dibuat 59 tahun lalu pada tahun 1961, dan masih ramai dipakai sampai sekarang oleh orang-orang seluruh dunia.

Tentunya sudah banyak yang kenal akan shampoo anti ketombe terkemuka tersebut yang dijual di berbagai negara di Asia, dengan shampoo itu dapat ditemukan di berbagai toko di Indonesia dari minimart sampai mall, dan juga sampai ke Jepang.

Dan sekalian balik ke topik awal, Head & Shoulders cabang Jepang kemarin-kemarin merilis video iklan yang dilirik oleh netizen. Menampilkan iklan anime dengan aksi kejar-kejaran antara detektif bernama Takashi, dan mata-mata bernama Ando sebagai protagonis. Nama yang berasal dari cara bahasa Jepang menyebut kata Inggris And yang mereferensikan & pada Head & Shoulders.

Iklan tersebut tak hanya menampilkan aksi gemilang, tapi juga cocok dengan brand yang diiklankan berkat isi ceritanya. Dengan sang detektif Takashi yang mengejar Ando di seluruh dunia, dan selalu berhasil menemukan sang mata-mata. Ando yang penasaran menanyakan pak detektif bagaimana ia bisa selalu menemukannya, dengan sang pelakunya adalah… ketombe Ando!

Sesuatu yang menarik adalah karakter Ando itu sendiri, yang bukan hanya karakter iklan yang dipakai sekali, karena ada video sampingan lain dari sang mata-mata dimana ia membantu seorang pria yang ketombean dalam melamar kekasihnya.

Dan yang menarik lagi karakter itu sebenarnya telah ada sejak lama, dengan karakter tersebut sudah memiliki akun Twitter resmi dari tahun 2015! Tapi baru ramai aktivitas dengan perilisan iklan anime Ando tersebut.