Mina-san yang gamer, apalagi fans game fighting, kemungkinan besar sudah tahu seri Dead Or Alive. Game itu terkenal akan karakter-karakter wanitanya yang sexy tapi dengn gameplay fighting yang dalam. Game tersebut juga sudah tradisi memiliki spin-off yang bukan bergenre fighting, tapi lebih kearah fanservice. Dan minggu ini game fanservice terbarunya dirilis, DOA eXtreme Venus Vacation alias DOAXVV, tapi ada kabar baik dan buruk dari game itu.

Dead Or Alive eXtreme Venus Vacation adalah game spin-off dari seri Dead Or Alive yang telah dirilis di Jepang sejak tahun 2017, yang disitu berbentuk browser game yang dimainkan di PC. Dengan gameplay seperti gabungan antara management dan love simulation dengan sistem gacha.

Player adalah pemilik dari Venus Island, dimana mereka bisa membantu 10 karakter gadis DOA yang saling bersaing dalam berbagai permainan dalam Venus Festival yang diadakan dalam game tersebut. Player juga dapat mengganti pakaian dan aksesori yang dipakai oleh para gadis tersebut, yang bisa didapat dari gacha atau event.

Sesuai dengan platform permainannya, game ini dirilis di PC luar Jepang melalui Steam. Tapi ada yang menarik dalam versi luar Jepang ini. Pertama, ini pertama kalinya game itu dirilis diluar Jepang, dan region perilisannya bukan untuk negara barat yang malah kena region-lock, melainkan ke Asia Tenggara, dan ya, itu juga termasuk Indonesia!

Waaah membanggakan juga nih 😉 Dan selain itu, ada yang lebih keren lagi. Karena game ini juga dirilis Gratis! Tapi karena ini juga game gacha, ada microtransaction dan in-app purchase juga, layaknya game gacha mobile.

Tapi… game ini anehnya dirilis diam-diam, tak diberi pengumuman besar akan perilisan versi luar Jepang game tersebut via Steam minggu ini. Dan sepertinya ada alasannya, karena kemungkinan ada kekurangan dalam versi luar Jepang ini.

Mereka yang mendapatkan kesempatan memainkannya mengatakan kalau fitur Touch game tersebut telah dihapus. Fitur itu adalah dimana player bisa berinteraksi dengan karakternya dengan menyentuh badan karakter itu, dan mereka bisa memberi reaksi dan komentar.

Saat ini tapi belum ada konfirmasi dan penjelasan dari pihak Koei Tecmo yang membuat game tersebut. Jadi bagi yang mau mengetes dan mencobanya, silahkan coba cek halaman Steam game tersebut dan dimainkan.