Masalah pandemik coronavirus masih belum selesai, dengan virus tersebut jugtak hanya menjangkit masyarakat biasa tapi juga selebriti, bahkan Virtual Youtuber. Dan baru-baru ini muncul kabar sedih yang disebabkan virus tersebut pada grup idol AKB48, dimana mereka jadi membatalkan konser dikarenakan member mereka ditemukan positif terinfeksi covid-19, dan yang mengejutkan lagi ada lebih dari setengah lusin yang kena.

AKB48 adalah grup idol terbesar dan sangat populer di Jepang yang pertama dibentuk tahun 2005, dengan sister group yang begitu banyak yang merambah ke berbagai negara Asia lainnya, dari China, India, Indonesia, dan lain-lain lagi.

Tak hanya grup utamanya, tapi dengan sister group mereka, dan juga group 48 yang berada pada negara lain, membuat mereka memiliki member yang begitu banyak. Walau masalah pandemik ini mengancam grup tersebut secara keseluruhan karena jadi sangat menyulitkan untuk berusaha mengadakan konser.

Dan masalah juga tak hanya dari segi ekonomi, dengan virus itu masih lumayan ganas juga di Jepang, ada kemungkinan bagi member mereka untuk terjangkit virus itu. Seperti yang baru-baru ini diumumkan pada blog grup AKB48, dimana diumumkan kalau sampai tujuh member dari AKB48 yang dikonfirmasikan positif kena.

Yup, jumlah yang lumayan banyak. Dan mereka adalah Omori Maho, Kurano Narumi, Sakaguchi Nagisa, Nagano Serika, Suzuki Yuka, Uemi Sorano, dan Tokunaga Remi. Hal tersebut membuat pihak manajemen memutuskan untuk membatalkan konser live dan juga jadwal kemunculan para member sampai minggu depan.

Dijelaskan kalau Omori, Kurano, Nagano, Suzuki terkena demam pada hari Jumat minggu lalu, dan setelah dites ditemukan hasilnya positif esok harinya. Sakaguchi dan Uemi juga kena demam pada hari Sabtu dan diumumkan hasilnya positif pada hari Minggu. Tokunaga kena demam pada hari Minggu dan pada hari yang sama ditemukan hasilnya positif.

Ini bukan pertama kalinya ada member grup AKB48 terinfeksi virus tersebut, dengan beberapa waktu lalu member Takita Kayoko ditemukan terinfeksi, tapi kini ia sudah sembuh dan sudah bisa melakukan aktivitas idol lagi.