Disini pasti sudah banyak yang tahu apa itu visual novel, dan mungkin sudah ada beberapa juga yang pernah memainkannya. Adakah yang kenal akan adult visual novel yang berjudul Shuffle? Bagi fans visual novel klasik tersebut, baru-baru ini diberikan kabar yang menggembirakan dari pembuat game tersebut, Navel. Karena telah diumumkan kalau ero VN Shuffle akan mendapatkan kelanjutan dalam bentuk Episode 2!

Visual novel Shuffle pertama dirilis untuk PC sekitar 15 tahun lalu, pada tahun 2004. Seperti beberapa visual novel populer lainnya, Shuffle juga mendapatkan versi non hentai yang dirilis untuk konsol PS2 di Jepang.

Mengisahkan setting dimana dunia manusia terhubung dengan dunia dewa dan dunia demon, membuat banyak ras dewa dan demon yang hidup bersama manusia. Sang protagonis, Tsuchimi Rin, adalah anak remaja biasa yang baik hati, yang membuatnya dicintai oleh banyak gadis, diantaranya adalah teman masa kecilnya, putri raja dunia Dewa dan raja dunia Demon, dan lain-lain lagi.

Game tersebut pertama mendapatkan translasi bahasa Inggris yang juga uncensored tahun 2009, dirilis oleh MangaGamer. Kemudian versi PS2 game Shuffle juga ditranslasi jadi bahasa Inggris dan dirilis tahun 2016 kemarin melalui Steam untuk PC.

Tapi selain game, Shuffle juga mendapatkan adaptasi lain seperti novel dan manga, dan juga adaptasi anime. Anime Shuffle dibuat oleh studio Asread dan dirilis tahun 2005 sebanyak 2 cour alias 24 episode, dan mendapatkan adaptasi anime lain lagi berbentuk recap dari anime pertamanya sepanjang 12 episode berjudul Shuffle Memories.

Visual Novel Shuffle juga mendapatkan kelanjutan dalam bentuk spin-off sebanyak tiga game yang masing-masing memberikan kisah tambahan pada heroine tertentu. Tapi kali ini diumumkan kalau akan ada sequel baru lagi berjudul Shuffle Episode 2. Tak diumumkan tanggal rilisnya, tapi telah dibuka website teaser untuk game tersebut.

Tim yang terlibat dalam game Shuffle sebelumnya kembali lagi terlibat dalam game baru ini. Ago Baria dikredit original draft lagi, dan dengan Jackson Oh, Takeuchi Kouta, Higashinosuke, Kuwabara Fumiko yang menulis naskahnya. Nishimata Aoi dan Suzuhira Hiro yang mendesain game Shuffle pertama kembali terlibat menangani bagian art.