Tahun baru meme baru, dan untuk internet tahun 2019 ini, salah satu meme pembuka tahun adalah meme pencekikan Uchiha Sasuke, Choked Sasuke. Tapi yang namanya meme dan trending, ada naik dan turun, satu meme muncul, dan tak lama meme baru akan menggantikannya dalam posisi trending. Dan hal tersebut mulai terjadi, dimana setelah meme Choked Sasuke, kini mulai viral Scooby Doo Dragon Ball animeme.

Mungkin ada sudah mulai melihatnya, meme ini adalah mengenai karakter Shaggy dari kartun klasik Scooby Doo. Karakter tersebut terkenal ceking dan cupu total, tapi dalam meme ini, ditunjukkan kalau ia sebenarnya memiliki kekuatan yang luar biasa POWERFUL yang dikelilingi sinar kekuatan Ultra Instinct dari seri Dragon Ball.

Dan meme ini muncul dalam beberapa bentuk, diantaranya dengan gambar Shaggy melawan karakter badass dari seri lain, mengatakan kalau ia kagum melihat lawannya berhasil membuatnya “10% serius” atau kadang bertarung melawan Scooby Doo sohibnya. Bahkan ada juga yang membuatnya jadi karakter playable di game Dragon Ball Xenoverse melalui mod.

Selain itu, ada juga dalam bentuk wawancara live-action Scooby Doo, yang diplesetin dengan ditambahkan subtitle kocak. Dan bicara soal live-action, aktor pemeran Shaggy, Matthew Lilard juga sudah tahu. Awalnya ia tak nyaman, tapi akhirnya juga mendukung meme ini.

Tapi sesuatu yang menarik adalah sejarah meme ini. Walau saat ini meme tersebut mulai makin trending dan viral, meme ini sebenarnya telah tercipta sejak tahun 2017 lalu, dan telah lumayan aktif di internet bahkan sebelum 2019.

Meme ini berawal dari video plesetan adegan dari film Scooby Doo Legend of Phantosaur dimana Shaggy kena hipnotis, memberikannya rasa percaya diri yang besar, dan dalam keadaan terhipnotisnya itu, ia mengalahkan satu geng motor berotot kekar. Seorang Youtube user kemudian menambahkan musik Dragon Ball Super, dan meme itu lahir.

Dan kenapa meme itu bisa ngeviral sekarang, tak begitu jelas, tapi ada beberapa hal yang mungkin jadi pemicunya. Meme ini pernah digabungkan dengan meme Choked Sasuke saat meme itu ngetrending, dan movie Dragon Ball Super Brolly juga sedang ditayangkan di Amerika dan populer disitu, dan mungkin karena timing tersebut meme ini meleduk layaknya kekuatan Super Saiyan 😀