Setelah 90 Tahun, Hachiko Akhirnya Bisa Bertemu Tuannya

Setelah sekian tahun impian Hachiko akhirnya terpenuhi, anjing setia ini akhirnya bisa beretemu kembali dengan tuannya setelah 90 tahun lamanya.

Impian tersebut diwujudkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Tokyo. Untuk memperingati 80 tahun kematian Hachiko, serta 90 tahun kematian tuannya yakni Hidesaburo Uneo, mereka membuat patung Hachiko yang tengah bersama dengan tuannya, dalam patung tersebut terlihat Hachiko yang tengah berdiri dan melompat ke arah tuannya, sementara Hidesabura Ueno memegangi kedua kaki depan si anjing sambil tersenyum. Peresmian patung ini sendiri telah diadakan pada tanggal 8 Februari kemarin di Fakultas Pertanian Universitas Tokyo.

Hidesaburo Ueno sendiri memang dulunya adalah seorang profesor di Universitas Tokyo selama lebih dari 20 tahun. Sementara Hachiko adalah anjing kesayangannya yang sangat setia, setiap sore hari Hachiko akan pergi ke stasiun Shibuya untuk menenjemput sang tuan yang pulang dari bekerja. Namun siapa sangka bahwa suatu hari Hachiko tidak bisa melihat tuannya turun dari kereta api seperti biasanya, karena Profesor Ueno meninggal secara tiba-tiba ketika berada di kampus. Hachiko yang tidak memahami hal ini pun tetap sabar dan setia menunggu tuannya di stasiun hingga 10 tahun lamanya, sebelum akhirnya meninggal dunia. Masyarakat sekitar yang mengetahui tentang kisah Hachiko ini pun membuat patung Hachiko di depan Stasiun Shibuya, sebagai lambang yang menunjukan kesetiaan anjing terhadap tuannya, dan kisah kesetiaan Hachiko sendiri melegenda dan menjadi terkenal hingga keseluruh dunia.

Keberadan patung Hachiko dan Profesor Ueno di Fakultas Pertanian Universitas Tokyo ini pun menjadi topik hangat diantara netizen Jepang, merekapun banyak memberikan komentar-komentar tentang perasaan bahagia dan juga haru mereka untuk Hachiko yang akhirnya bisa bertemu dengan tuannya.

hachiko-dan-tuannya