Miyazaki Hayao adalah salah satu nama terbesar dalam dunia animanga. Selain karya-karyanya dari studio Ghibli ia juga terkenal akan kebiasaannya bolak-balik keluar masuk masa pensiun. Beberapa tahun lalu ia dikabarkan selesai pensiun dan kembali lagi bekerja, dimana ada projek anime baru yang sedang dikerjakan olehnya. Dan baru-baru ini diberikan kabar kemajuan akan projek baru anime Miyazaki itu.

Kabar tersebut diberikan dalam sebuah program dokumentari yang ditayangkan di channel NHK berjudul Tokyo Miracle, dalam episode Produk Terkuat ANIME. Dimana sesuai dengan judulnya, episode tersebut adalah mengenai salah satu produk terbesar Jepang pada dunia, anime.

Dokumentari tersebut berdurasi 50 menit dan untuk episode tersebut dibawakan seorang aktor muda kece dan salah satu yang terpopuler saat ini, Satou Takeru, aktor pemeran Ryoutaro sang Kamen Rider Den-O, Kenshin dari adaptasi live-action dari animanga Rurouni Kenshin, dan suara pemeran utama CG anime DRAGON QUEST YOUR STORY.

Tapi balik ke poin utama, episode dokumentari itu menelusuri berbagai anime yang popularitasnya mendunia, seperti Shinkai Makoto dengan film Tenki no Ko dan Miyazaki dengan film-film studio Ghibli yang melibatkannya.

Dan Miyazaki juga muncul pada bagian akhir acara itu bersama Suzuki Toshio untuk diwawancarai oleh Sato Takeru. Ini momen yang lumayan besar karena itu adalah wawancara pertamanya setelah keluar dari pensiunnya tahun 2016 lalu.

Dan dari situ Suzuki Toshio menjelaskan kemajuan projek baru Miyazaki. Dikatakan kalau progresnya telah mencapai 15% selama 3 setengah tahun ini. Ia juga mengatakan dalam sebulan mereka hanya bisa membuat 1 menit animasi, dimana sebelumnya mereka bisa membuat 5 menit dalam sebulan untuk film Mononoke Hime.

Setelah itu Sato berbicara dengan Miyazaki sendiri, dan ditanya kenapa ia batal pensiun, dan Miyazaki menjawab kalau tak ada alasannya, ia hanya merasa ingin melakukannya lagi. Dan saat Sato mengatakan kalau ia menantikan anime barunya, Miyazaki tertawa dan bercanda mengatakan lebih baik tak usah ditunggu karena nanti jadi berasa lama, jadi mending lupakan saja.