Seri Kemono Friends telah menjadi salah satu anime paling terkenal saat ini berkat adaptasi animenya. Walau kelanjutan anime itu mendapatkan masalah, tetap saja anime pertamanya begitu dikenang. Dan dengan semakin meluasnya popularitas media anime, seri tersebut juga sampai terkenal diluar negara Jepang. Dan itu terbukti dengan baru-baru ini, dua ekor serval Wanpi World Zoo Taiwan dinamai protagonis KemoFure.

Kemono Friends memang sudah melakukan beberapa kerjasama official dengan berbagai kebun binatang asli. Salah satu yang paling terkenal adalah dengan Kebun Binatang Tobu yang menghasilkan kisah cinta pahit manis antara penguin Grape-kun dan karakter Humbolt Penguin seri Kemono Friends yang gambarnya dipasang dalam kandangnya.

Tapi Kemono Friends juga bisa sampai ke kebun binatang di negara luar Jepang, termasuk negara tetangganya, Taiwan, walau tak ada kolaborasi official. Dan alasan Kemono Friends bisa muncul disitu menunjukkan betapa besarnya popularitas seri tersebut.

Kebun Binatang Wanpi World di Taiwan baru mendapatkan dua ekor kucing serval baru, dan mereka membuat voting yang diikuti oleh pengunjung kebun binatang tersebut, untuk memilih dua nama bagi kedua kucing tersebut. Dan beberapa hari lalu nama tersebut diumumkan.

Dan kini kedua kucing serval tersebut, memiliki nama Kabang dan Shabalu. Tak begitu kelihatan memang, tapi itu adalah nama kedua protagonis anime Kemono Friends pertama, Kaban dan Sa-va-ru/Serval jika dikatakan dengan lidah bahasa Taiwan. Berarti ada lumayan banyak pengunjung yang menonton seri itu ya 😀

Menariknya, hal semacam ini bukan satu-satunya yang pernah terjadi. Karena sekitar bulan lalu, kejadian yang mirip juga terjadi di kebun binatang lain di negara tetangga Jepang lain, yaitu di Shanghai Zoo, saat kebun binatang tersebut kedatangan tiga ekor kucing serval baru yang lahir disitu.

Walau bukan melalui voting pengunjung dan bukan nama karakter KemoFure, tapi tetap ada hubungan dengan seri tersebut. Karena ketiga bayi kucing serval itu diberi nama kata yang terhubung dengan seri tersebut, dengan nama Tata, Nono, dan Xixi/shishi yang jika digabung menghasilkan kata Jepang Tanoshii yang sering diucapkan dalam anime Kemono Friends.