Serunya Seminar Anime Karakter bersama Kohei Hara

Kohei Hara Direktor Tokyo Gets
Kohei Hara menerangkan mengenai pembuatan Anime Karakter

Seminar Anime Kingdom of Character adalah salah satu acara Japan Foundation yang dapat dijumpai di tiga tempat di Indonesia yaitu Medan, Surabaya dan Jakarta yang memamerkan beberapa tokoh karakter asli budaya Jepang. Di Surabaya, acara ini diselenggarakan oleh Konjen Jepang Surabaya tepatnya di  Grand City, Ground Floor yang diselenggarakan berturut-turut dari mulai tanggal 30 Januari hingga 11 Februari. Pameran ini menyediakan beberapa karakter animasi Jepang antara lain Pokemon, Ultraman, Namisuke, Hello Kitty serta karakter asli dari masyarakat Jepang itu sendiri.

pendukung akiba nation
Kita semua suka Akiba Nation : Akiba Nation, DaiSuki!!

Tidak hanya itu, di sela pameran karakter dimunculkan seminar (2 Februari) mengenai perusahaan Tokyo Gets, perusahaan Ilustrator Kohei Hara yang bergerak dibidang bisnis karaker animasi. Seminar yang diselenggarakan di Grand City Surabay Convex Lantai 3 ini berisi tentang cara mendapatkan keuntungan dari bisnis periklanan produk yang di populerkan dengan karakter animasi. Perusahaan mengembangkan ide kreatif mengenai advertising menggunakan karakter animasi dalam produk-produknya. Menurut Beliau, karakter animasi tidak hanya sekedar dinikmati dalam anime, atau manga saja, namun alangkah sangat menyenangkan apabila dapat dijumpai di produk atau alat-alat yang kita gunakan sehari-hari. Wahhh.. menyenangkan ya kalau bisa punya gelas yang ada gambar karakter kesukaan kita ^o^

suasana seminar karakter
Suasana (mencekam?) di Seminar Anime Karakter

Lalu, karakter apa saja yang kira-kira ingin dipakai dalam produknya nih Pak?? ^.^  Image karakter animasi akan disesuaikan dengan produk yang ditargetkan. Contohnya Indomie, mengapa Indomie itu rasanya enak sekali, maka akan digunakan karakter Detektif Conan yang notabene bertugas untuk menyelidiki sesuatu rahasia dibalik sebuah kasus “Mengapa Indomie enak sekali?”. Oh ya, karakter animasi yang akan digunakan bukan hanya karakter dari Jepang saja namun juga dari luar negeri serta Indonesia itu sendiri.

suasana seminar karakter
Peserta Seminar lg asyik mendengarkan

Di Jepang, pasar bisnis ini menurun akibat menurunnya jumlah anak-anak di Jepang sana, oleh membuat Perusahaan ini mengembangkannya di luar negeri termasuk ASEAN. Lalu diantara negara ASEAN yang dipilih adalah Indonesia. Karena jumlah anak yang terus meningkat di negara berkembang adalah negara Indonesia. Hal ini juga membuka peluang bagi ilustrator serta mangaka Indonesia untuk menciptakan karakter animasi yang bagus dan populer agar dapat mengembangkan usaha ini. Hal ini membuat angin baru dalam bisnis pengembangan di Indonesia.

Kohei Hara Direktor Tokyo Gets
Kohei Hara menerangkan mengenai pembuatan Anime Karakter

 

Lalu bagaimana dengan target anak-anak yang dijaman sekarang tidak mengenal anime. Salah satunya adalah mengadopsi cerita anime Jepang lalu modifikasi dengan latar belakang tempat, dan tokoh yang berbeda dengan menyesuaikan tempat atau tokoh negara tujuan. Contohnya Dragon Sakura, cerita mengenai pengacara yang ingin mengajarkan bagaimana cara untuk dapat masuk ke Tokyo Daigaku akan dirubah menjadi ke UI, UGM, atau ITB dsb. Dengan begitu, masyarakat Indonesia akan lebih tertarik dengan karakter tersebut dan mempopulerkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ibu Vero selaku staf Konjen Surabaya mengatakan acara ini berasal dari Japan Foundation dan diselenggarakan oleh Konjen Surabaya. Acara ini diharapkan agar tidak hanya orang-orang yang suka budaya dan karakter animasi Jepang saja yang dapat menikmati pameran ini, namun juga mengenalkannya pada kawasan umum agar dapat menikmati seperti apa budaya dan karakter animasi Jepang itu.

Kesan dan Pesan Peserta Event GC

 

testimonial akiba nation
Akiba Nation paling oke lho!

 

SHARE
Previous articlePet Fit, Menjaga Binatang Piaraan tetap FIT
Next article10 TOP TSUNDERE ANIME
Freelance Japanese Translator/Interpreter | Japanese Culture Fans | Maccha Freaks | 日本語の翻訳者・通訳者 | 日本文化が大好き | 抹茶フリーク \(*^o^*)/