20 Juli, Serunya Peringatan Hari Laut di Jepang

Yo! Akiba-Kei dan Akiba-Chan, gimana mudiknya? Pasti seru! Dan tentunya Akiba-Kei dan Akiba-Chan masih dalam suasana liburan, nih ya^^ Nah ternyata, teman-teman kita yang ada di Jepang kemarin juga libur, lho! Hayo tebak, libur apa? Bener banget! Libur Peringatan Hari Laut><!

Untuk apa sih memperingati hari laut ._. ?

Peringatan hari laut (海の日, Umi no Hi ) ini dimaksudkan untuk berterimakasih atas segala kemurahan yang diberikan laut kepada bangsa Jepang serta mengharapkan kemakmuran Jepang sebagai negara maritim. Maklumlah, laut sudah menjadi penghasil sumber daya alam yang menopang hampir 80% aspek kehidupan bangsa Jepang sejak zaman Edo.

Kenapa harus tanggal 20 Juli .__.?

Hm, sebenarnya hari laut ini tidak selalu tanggal 20 Juli. Untuk menjelaskan ini, mari kita simak sedikit sejarahnya, yuk^^!

Pada tanggal 20 Juli tahun 1876, Kaisar Meiji tiba kembali di Pelabuhan Yokohama setelah melakukan kunungan kerja ke Daerah Yokohama. Kaisar Meiji Pada saat itu menaiki kapal bernama ‘Meiji-maru’ yang biasa digunakan untuk inspeksi mercusuar dan bukan merupakan kapal angkatan laut.

Simposium ke 5 Meiji Maru

Meiji-maru adalah kapal besi tertua di Jepang. Pada tahun 1873, kapal ini dibangun di Skotlandia atas permintaan Pemerintah Jepang  dan digunakan untuk produksi cahaya rumah. Kapal ini kemudian terdaftar sebagai aset penting negara pada tanggal 31 Mei 1978 dengan nomor registrasi  2062.

Tanggal 20 Juli itu kemudian diperingati sebagai ‘Hari Peringatan Maritim’ atau Umi no Kinenbi pada bulan Juni tahun 1941, namun masih bukan merupakan libur nasional. Baru pada tahun 1995, namanya berubah menjadi ‘Umi no Hi’ dan ditetapkan menadi hari libur nasional pada tahun 1996. Nah kemudian pada tahun 2003 saat diterapkannya Sistem Happy Monday, sistem yang mengharuskan pindahnya hari libur ke hari Senin, jadi Umi No Hi dipindahkan ke hari Senin bulan Juli, dan kebetulan tanggal 20 Juli  tahun 2015 ini bertepatan dengan hari Senin ^^!

Hmmm… apa yang biasa dilakukan orang Jepang saat Umi no Hi ini?

Karena bukan merupakan perayaan tradisional, maka tidak ada event paten yang dilaksanakan saat Hari Laut ini. Namun biasanya warga Jepang melakukan kegiatan yang dilaksanakan di laut seperti bersih-bersih pantai, mendatangi festival yang diadakan di pantai, mendatangi akuarium maupun museum kelautan, dan semacamnya. Hari Laut ini bahkan juga sebagai penanda mengenai datangnya musim panas, lho!

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk mari melihat video-video mengenai kegiatan saat hari laut ini,^^!