Sebuah pameran besar GUNDAM EXPO 2015 baru saja digelar di Akihabara UDX dan Akihabara Belle Salle kemarin. Pameran ini berlangsung mulai tanggal 20 November dan berakhir hari ini, 23 November 2015. Banyak jenis gundam terbaru yang dipajang dan kejutan-kejutan menarik membuat pameran ini kebanjiran pengunjung. Kejutan yang paling dinanti oleh pengunjung adalah turnamen final dari Gundam Builders World Cup 2015 yang menampilkan sederetan karya dari para finalisnya. Hampir separuh hall dipenuhi oleh koleksi hasil buah tangan para peserta lomba. Selain itu juga kehadiran para perakit gunpla ternama dengan hasil rakitan mereka plus gunpla corner yang berupa replika gundam RX-78-2 skala 1/1. Ada pula beberapa gundam hasil rakitan artis papan atas jepang yang basic nya bukan perakit pro namun sekedar menekuni hobby yang dipajang di salah satu booth khusus.

Gundam replika skala 1/1
Gundam replika skala 1/1

Final perlombaan besar Gundam Builders World Cup 2015 yang rutin diselenggarakan di jepang ini diikuti oleh 25 orang dalam kategori umum/dewasa (umur 15 tahun keatas) dan 5 orang dalam kategori junior (umur 14 tahun kebawah). Seluruh hasil karya mereka dipajang di hall sengan sangat rapi dan menawan. Tahun ini beragam gundam baru dengan detail lebih keren menghiasi perlombaan, peserta yang berpartisipasi pun lebih banyak, sangat berbeda dengan tahun lalu. Event ini diselenggarakan juga untuk memperingati ulang tahun gundam yang ke-35.

Gundam Expo (5)

Dengan tema “Gundam Di Masa Depan” kebanyakan display mengajak pengunjung untuk berimajinasi bakal seperti apa gundam nantinya setelah tahun ini. Pameran besar tersebut juga dibagi menjadi dua bagian utama. Yakni yang diselenggarakan di Akihabara UDX hari pertama sengaja digelar untuk private audience. Jadi hanya orang-orang tertentu yang dapat mengahdiri seperti media dan industri. Mereka sengaja diundang untuk mengikuti seminar (?) tentang project gundam baru. Yang kedua adalah pameran seperti biasa yang dapat dihadiri khalayak umum tanpa tiket masuk alias free. Selain menyajikan display berbagai bentuk gundam, pameran ini juga dimeriahkan oleh artis papan atas seperti Eir Aoi, member SKE48 Miyazawa Sae, Akari Suda, Mina Oba, dan Sekai no Owari. Bahkan disini juga dipajang gunpla buatan member Dir En Grey (Toshiya)dibantu oleh Kaori.

Gundam Expo (3)

Gundam Expo (6)

Gundam Expo (4)