Seru-seruan di (Japanese World) JW Unair 2014

ramenya pengunjung JW Unair
ramenya pengunjung JW Unair

alo Akiba-kei dan Akiba-chan.. Siapa nih yang udah ikut seru-seruan meriahin acara Japanese World Unair alias JW Unair minggu kemarin? Tim AkibaNation juga dateng buat ngeliput beritanya lhoo.. Hayoo siapa kemarin yang udah ketemu dan di wawancarain sama tim AkibaNation? Yukk kita sikatt abis liputannya..

JW Unair merupakan salah satu dari sekian ribu banyak acara jejepangan di Surabaya yang kece dan mbois. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh panitia sastra Jepang Unair yang udah dari tahun ke tahun diadain di bulan penuh cinta~~ a.k.a. bulan Februari. Untuk tahun ini, JW Unair 2014 diadakan selama 3 hari 3 malam dan diselenggarakan cocok untuk berbagai kalangan di tiap harinya.. Lhoo? Maksudnya??

panggung JW Unair
panggung JW Unair

Dimulai dari hari pertama acara ini dilangsungkan, yaitu hari Jum at 7 Februari. Hari pertama dikhususkan buat para chibi-chibian laskar dari SMA-SMA tingkat Jawa Timur  untuk mengikuti perlombaan-perlombaan jejepangan dan mengharumkan nama sekolah mereka. Terharu ya guys pastinya sama perjuangan mereka.. Adapun ragam lomba antar SMA ini meliputi lomba kanjikikikakitori atau dekte, roudoku atau membaca, benron taikai atau pidato, dan tak ketinggalan pula lomba cerdas cermat. So pasti, yang dateng di acara hari Jum at ini adalah murid-murid paling pinter seantero Jawa Timur.. Kerenn..

lomba pidato bahasa jepang SMA dag dig dug
lomba pidato bahasa jepang SMA dag dig dug

Dihari kedua ada lomba cerdas-cermat tingkat Universitas Jawa Timur. Wuiiihh.. Gak kebayang kan kecenya.. Ada juga penyisihan lomba menyanyi, dan lomba yang masih berhubungan dengan dunia tarik suara yaitu lomba Seiyuu!! Yup lomba seiyuu atau lomba pengisi ini dilakukan secara duet atau solo untuk mengisi suara potongan-potongan anime yang telah disediakan.. Kalo uda biasa liat versi seiyuu Jepang yang asli, liat yang versi pembawaan orang Indonesia juga nggak kalah seru lhoo!! Ada yang amatiran sampe dengan pro, mereka nggak segan-segan buat unjuk suaranya!! tapi bukan demo ya.. hehe Ada juga lomba-lomba outdoor yang nggak kalah ramenya yaitu lomba MAKAAANNNNN!! Baik lomba makannya yaitu onigiri (nasi kepal) pedas, maupun lomba menghias bento (bekal) begitu terlihat menggiurkan lhoo..

lomba menyanyi la la lila~~
lomba menyanyi la la lila~~

Nggak kalah sama hari pertama dan kedua, di hari ketiga tambah rameee suasananya.. Karena dihari terakhir ini terdapat final lomba menyanyi, lomba makan ramen pedas, dan yang pastinya di nanti-nanti lomba cosplay~~

Hari terakhir yang ramai oleh pengunjung tingkat biasa sampai para costreet benar-benar membuat suasana JW Unair serasa festival di Jepang. Adapun keramaian itu juga berkat stan-stan yang turut menyemarakkan acara tersebut. Dimulai dari stan yang isinya makhluk moe, yaitu JW Maid Cafe, stan permainan Igo-shogi, stan menulis kaligrafi ala Jepang yaitu Shodo, stan-stan makanan dan pernak-pernik jejepangan lucu, sampai stan yang agak mistis, yaitu stan tarot, sampai ujungnya stan yang super duper mistis yaitu Obake Yashiki atau rumah hantu. Hiiii…. Serem..

ramenya pengunjung JW Unair
ramenya pengunjung JW Unair
hii seremm panggil ambulaanss #eh Suasana rumah hantu JW Unair
hii seremm panggil ambulaanss #eh Suasana rumah hantu JW Unair
digoyang poco-poco
digoyang poco-poco

 

Nah, dari rangkaian acara JW Unair 2014 yang udah dibahas di atas, Tim AkibaNation juga udah ketemu ama beberapa pengunjung yang beruntung untuk diwawancarai lho.. Yuk kita simak pesan kesan mereka di acara ini.

Dua orang murid dari salah satu universitas di Surabaya ini mengaku sedikit kecewa terhadap lomba cerdas cermat yang diadakan karena terdapat beberapa kesalahan teknis. Namun rupanya mereka memaklumi karena ini adalah acara lomba yang pertama kali. Disisi lainpun, tetap saja acara festival ini menyenangkan dan mereka mendapat banyak pengetahuan dari acara ini. Sedangkan rombongan dari SMA 7 ini menikmati acaranya dan berkata bahwa acara ini sangat menyenangkan, tapi harga makanan lebih mahal dibandingkan tahun-tahun kemarin. Begitu juga beberapa orang cosplayer costreet juga menyampaikan bahwa acara ini semakin tahun semakin seru dan berharap agar tahun depan acara inipun dapat berlangsung secara meriah.

Gimana? Acara jejepangan di Surabaya yang satu ini juga nggak kalah seru sama event-event yang lainnya kan?

Tim AkibaNation juga bakal meliput event-event seru lainnya lhoo.. Jadi siapkan diri kalian dan cek terus akibanation.com ya!! Media berita Jepang nomer 1!

SHARE
Previous articlePlaylist Video from ASIA VERSUS
Next articleVocaloid New Comic 「The Daughter of Evil」
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~