Mina-san pasti ada seniman atau mangaka atau game developer favorit bukan? Kita bisa menyukai karya buatan mereka karena karya tersebut bisa menginspirasi hati dan pikiran kita. Kadang kita jadi ingin tahu, jadi bertanya-tanya, “Bagaimana mereka mendapatkan inspirasi mereka?”. Buat yang penasaran, yuk kita tonton para Seniman & Creator Bidang Animanga, Game, dll ini berbagi pengalaman inspirasi mereka di Toco Toco TV.

Toco Toco TV ini adalah channel Youtube dengan konsep yang unik. Seperti yang dibilang sebelumnya, channel ini merupakan acara dimana para orang-orang dalam bidang dan industri seni, entertainment, animanga, games di Jepang, menceritakan cara mereka mendapatkan inspirasi saat mereka membuat suatu karya.

Lebih tepatnya, lokasi atau tempat dimana mereka mencari inspirasi. Karena dari hal itulah channel ini diberi nama Toco Toco. Nama itu berasal dari kata Toko Toko, yang merupakan onomatope Jepang untuk suara langkah kaki. Jadi Toco Toco melambangkan sebuah (atau beberapa) inspirasi yang muncul ketika seniman tersebut sedang berjalan disuatu tempat.

Setiap episode Toco Toco TV ditayangkan dua kali setiap bulan, biasanya setiap tanggal 1 dan 15. Para Guest yang muncul dalam acara tersebut bebas memilih lokasi apa yang ingin mereka ceritakan dan kunjungi untuk ditampilkan dalam acara tersebut.

Dan para Guest tersebut juga dibiarkan berbicara bebas secara natural tanpa naskah. Dialognya mayoritas dalam bahasa Jepang, tapi penonton luar Jepang tak perlu khawatir karena channel ini juga menyediakan subtitle Inggris dan Prancis dalam setiap videonya.

Sampai sekarang sudah ada sampai empat puluhan episode. Dan sudah muncul nama-nama besar yang kita para otaku pasti sudah pernah dengar atau kenal 😉 Seperti Koyama Chuya, mangaka seri Uchuu Kyoudai (Space Brothers). Sampai Kawai Kenji, komposer veteran berbagai film dan anime, seperti movie Ghost in the Shell yang disutradai Oshii Mamoru dan anime Joker Game. Dan lain-lain lagi.

Dan Guest seniman yang muncul bukan hanya dari seni modern seperti anime atau manga loh. Ada juga seniman tradisional. Seperti sensei seni upacara Chado, pemahat keramik, pembuat permen tradisional. Sampai ada juga komedian, jurnalis, artis tatoo, cosplayer, bahkan pro-gamer.

Silahkan dicek dan ditonton. Siapa tahu mina-san yang sedang ingin membuat karya juga bisa terinspirasi menonton seri ini. Atau yang ingin cari lokasi jalan-jalan di Jepang misalkan? Bisa juga tuh ditonton 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here