Saat ini tak dapat dipungkiri ada semakin banyak Virtual Youtuber di Jepang. Dan dengan desain mereka yang mayoritas berupa gadis moe, wajar kalau mereka bisa membuat hubungan dengan dunia anime, contohnya dengan Kizuna Ai yang tampil jadi seiyuu di anime Mahou Shojo Site. Dan sepertinya koneksi tersebut akan semakin kuat lagi, dengan dibuatnya seri TV anime kolaborasi Vtuber berjudul Virtualsan-Looking!

Anime ini diumumkan dalam event Dwango Anime Kaigi yang diadakan kemarin. Dan ada berbagai elemen menarik dalam anime ini. Yang pertama, adalah ini anime yang menampilkan Virtual Youtuber, dan bukan seperti Kizuna Ai dalam Mahou Shojo Site sebagai guest seiyuu, tapi benar-benar memperlihatkan Vtuber itu langsung.

Dikatakan dan diperlihatkan berdasarkan visual, kalau akan ada banyak Vtuber yang ditampilkan, yang mencapai angka tiga puluh. Dengan enam sebagai bintang utama yaitu; Mirai Akari, Dennou Shojo Siro, Tsukino Mito, Tanaka Hime, Suzuki Hina, dan Nekomiya Hinata, yang juga membentuk unit bernama Virtual Real yang menyanyikan lagu opening kedua anime ini.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, loh tapi rasanya Kizuna Ai tak terlihat? Dia memang tak keliatan dalam visualnya, tapi fans Ai-chan tak perlu sedih karena ia yang menyanyikan lagu opening pertamanya.

Staff balik layarnya juga telah diumumkan. Abe Daigo menyutradai anime ini dari studio produksi baru bernama Lide, yang didirikan oleh kerjasama Dwango, Kadokawa, INCS toenter, Asobi System Holdings, dan Khara.

Selain itu ada Suzuki Shinnosuke sebagai produser produksi dan Yokosawa Daisuke sebagai “produser penyatu” dan produser musik terkenal Nakata Yasutaka yang mengkomposisikan BGM dan theme song.

Dan ada nama menarik lagi yang terlibat, sutradara dan pencipta Evangelion, Anno Hideaki, yang walau tak ikut campur dalam pembuatan anime ini tapi memberikan kontribusi ide. Keterlibatan Anno dan Khara bisa terlihat dari unit Virtual Real yang cosplay seragam sekolah Evangelion.

Yang menarik lagi adalah seri anime ini bukan berbentuk anime pendek, tapi benar-benar seperti seri anime TV biasa berjumlah 12 episode dan masing-masing berdurasi 24 menit. Kontennya akan berupa omnibus segmen dan setiap episode akan menampilkan Vtuber yang berbeda. Dan bagi yang penasaran tak perlu menunggu lama, karena anime ini akan mulai tayang tanggal 9 Januari nanti.