Yang namanya cerita berseri, mau itu film, anime, manga, bisa jadi sesuatu yang sangat panjang. Akan tetapi, ada kalanya fans yang mengikuti seri tersebut, berhenti mengikutinya justru karena terlalu panjang. Seperti saat jalan-jalan, kita menikmati perjalanannya, tapi bisa jadi kesal kalau tidak sampai-sampai ke lokasi tujuan. Mirip dengan hal itu, para fans stop baca seri manga ini karena kepanjangan ceritanya..

Tepatnya, bukan hanya satu seri, tapi ini adalah List ranking berbagai seri manga. List ini dibuat oleh website Ranking Goo, dan setelah divoting oleh ratusan orang, terkumpullah list seri-seri manga ini. Oh ya, ranking ini bukan menghitung manga yang memiliki jumlah volume terbanyak ya, tapi dengan dasar ‘seri manga apa yang panjang ceritanya bikin fans jadi berhenti lanjut membacanya’. Mari kita lihat seri apa sajakah itu;

15- Asari-chan yang tamat dengan 100 vol. Mendapat 67 vote.

seri manga

14- Fairy Tail masih lanjut dengan 60 vol. Mendapat 72 vote

13- Golgo 13 masih lanjut dengan 183 vol. Mendapat 77 vote

12- Inuyasha yang tamat dengan 56 vol. Mendapat 89 vote

11- Hajime no Ippo masih lanjut dengan 116 vol. Mendapat 111 vote

10- Futari Ecchi masih lanjut dengan 69 vol. Mendapat 117 vote

9- Naruto sudah tamat (tak termasuk Boruto) dengan 72 vol. Mendapat 125 vote

8- Gintama masih lanjut dengan 67 vol. Mendapat 127 vote

7- Oishinbo masih lanjut dengan 111 vol. Mendapat 134 vote

6- Ouke no Monshou masih lanjut dengan 64 vol. Mendapat 137 vote

Top 5 Ranking;
5- JoJo no Kimyou na Bouken mendapat 149 vote

Sekarang kita memasuki Top 5, dan JoJo memasuki ranking tersebut. Seri JoJo memang sangat panjang, walau popularitasnya baru mulai meleduk diluar Jepang baru-baru ini. Seri itu dimulai dari tahun 1987 dan masih lanjut sampai sekarang. Ceritanya sih agak terpisah, karena setiap arc selesai, protagonis baru memulai kisah baru yang tak menyambung langsung ke yang lama. Total, manga JoJo memiliki jumlah volume sebanyak 118.

4- Bleach mendapat 207 vote

Walau manganya sudah tamat tahun lalu, Bleach memasuki posisi 4. Seri ini dimulai dari tahun 2001 sampai 2016 dengan jumlah total 74 volume. Selama 15 tahun seri ini naik popularitasnya, menjadi salah satu nama terbesar dari Shonen JUMP. Tapi tentu ada juga yang berhenti ditengah karena terasa ceritanya lanjuuut terus.

 

3- Kochikame mendapat 296 vote

Sama dengan Bleach, Kochikame juga tamat tahun lalu. Tapi sebelum itu, seri ini mendapat penghargaan sebagai manga Shonen JUMP terpanjang yang pernah ada. Diterbitkan dari tahun 1976, dan tamat 2016 lalu dengan total 200 volume. Ceritanya komedi slice of life, jadi ringan dan tak terlalu berlanjut. Tapi mungkin karena itu juga para pembaca juga jadi stop membacanya.

2- Detective Conan mendapat 352 vote

Posisi 2 ditempati oleh seorang detektif cilik yang kecil terus-menerus 😀 Detektif Conan. Seri ini dimulai dari tahun 1994 dan seperti yang kita tahu, masih lanjut sampai sekarang ini. Dengan jumlah 91 volume. Walau misterinya keren dan memutar otak, rasanya terlau panjang, dan pembaca bisa saja bosan karena Kudo Conan kok tak besar-besar sih 😀

 

1- One Piece mendapat 542 vote

Daaan menempati posisi 1, manga yang paling banyak divoting sebagai manga yang berhenti dibaca oleh fans karena terlalu panjaaaaaangg adalah One Piece! Ya, salah satu anak emas Shonen JUMP yang paling mengkilap ini justru bisa membuat fans berhenti baca karena ceritanya terlalu berlanjut, dan sama sekali tak terlihat endingnya. Dimulai dari tahun 1997, dan masih berlanjut sampai sekarang, dengan jumlah 84 volume.

source: http://adriano-23.deviantart.com/art/Commission-Old-Piece-8D-74594822

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here