Saat sebuah game sukses, mereka bisa lanjut lagi dan berubah jadi sebuah seri, tapi kadang bisa saja ada kendala yang kemudian membuat sebuah seri game jadi berakhir. Dan bicara soal hal tersebut, game berjudul Judgement yang merupakan spinoff dari seri game Yakuza alias Ryuu Ga Gotoku baru-baru ini dapat kabar kalau bisa saja tak ada lanjutan lagi setelah game keduanya yang sebentar lagi dirilis, dan itu karena… agensi Johnny.

Judgement adalah game action adventure buatan Sega yang pertama dirilis tahun 2018 lalu untuk konsol Playstation 4. Protagonis game itu adalah Yagami Takayuki, seorang penyelidik privat yang juga mantan pengacara, memberikan sudut pandang alternatif dalam dunia kriminal dari protagonis seri game Yakuza, Kiryuu Kazuma, yang mantan Yakuza.

Tapi yang lebih menarik lagi adalah ia diperankan oleh salah satu selebriti terpopuler negara Jepang, Kimura Takuya. Popularitas KimuTaku dan kualitas cerita dan gameplay dari game itu sendiri membuat Judgement nge-Hit, dan tak heran itu membuat Sega ingin melanjutkannya, dan game keduanya, Lost Judgement, dijadwalkan untuk dirilis musim gugur tahun ini.

Tapi balik pada topik utama, menurut info dari majalah Nikkan Taishuu, Lost Judgement juga kemungkinan besar jadi game yang terakhir, yang dikarenakan konflik antara Sega dan Johnny & Associates, agensi dari Kimura Takuya, dan sepertinya belum ditemukan jalan tengah yang bisa memuaskan kedua pihak. Apa masalahnya?

Jadi game Lost Judgement direncanakan Sega untuk dirilis tak hanya pada PS4, tapi juga PS5, XBOX ONE dan Series X/S, dan untuk Google Stadia dan PC via Steam. Dan spesifiknya perilisan PC ini yang ditentang Johnny’s karena mereka pikir itu membuat “wajah KimuTaku” jadi bisa gampang dimodif atau dibajak, yang bisa dihubungkan pada aturan larangan foto online talent mereka.

Situasi macam ini bukan pertama kalinya dari Johnny’s dengan beberapa waktu lalu mereka juga memasang sensor pada penampilan KimuTaku pada majalah AnAn, dan juga melarang Yamada Ryousuke terlihat pada poster film Fullmetal Alchemist live-action.

Ini juga bukan pertama kalinya game Judgement kena masalah karena cast mereka, dengan game pertamanya juga kena masalah karena Pierre Taki pemeran dan model wajah karakter Hamura ditangkap polisi karena skandal memakai narkoba, membuat pengisi suara karakter itu diganti dan modelnya diubah lagi.