Sudah beberapa tahun sejak konsol Nintendo Switch dirilis, dan konsol tersebut membuat Nintendo menjadi penguasa dunia game generasi ini, dengan angka yang telah mengalahkan PS4 di Jepang. Tak begitu mengherankan kalau mereka juga mau lebih berkreasi lagi dengan konsol tersebut, seperti dengan Nintendo Labo. Dan kini baru diumumkan kreasi Switch baru lagi, yaitu versi portable full handheld konsol itu, Nintendo Switch Lite.

Baru diumumkan kemarin, Nintendo Switch Lite, sesuai dengan namanya, adalah versi ringan dari konsol Nintendo Switch. Berbeda dengan Nintendo Switch yang dapat berubah antara home console dan portable console, Switch Lite hanya memiliki mode handheld dengan tombol controllernya sudah langsung terpasang pada mesin dan layarnya.

Konsol itu juga tak memiliki docking dan Joy-Con dan motion camera. Dan dengan tak adanya kabel HDMI, juga jadi tak bisa dihubungkan ke TV. Tapi untuk plusnya, Switch Lite jadi lebih murah dibanding Switch biasa.

Dengan harga versi Amerikanya sebesar 199 Dollar, dibanding Switch biasa yang seharga 299 Dollar. Selain itu, Switch Lite juga dibuat jadi lebih ringan dan tak sebesar bentuk portable Switch biasa dan baterainya aktif sedikit lebih lama, tapi itu juga tergantung game yang dimainkan.

Lalu bicara soal game yang dapat dimainkan di Nintendo Switch Lite, dikatakan kalau konsol itu dapat memainkan semua game Switch yang dapat dimainkan dalam mode handheld portable. Untuk mengecek akan hal itu, Nintendo eShop akan memberikan info akan hal tersebut, atau dengan mengecek apakah ada ikon handheld pada spesifik game Switch.

Bagi yang tak sabaran menantikannya tak perlu menunggu lama. Dengan Nintendo Switch Lite diumumkan akan dirilis pada tanggal 20 September ini, dan dalam 3 pilihan warna; kuning, abu-abu tua, dan biru turquoise.

Tapi selain itu, bertepatan dengan perilisan game Pokemon Sword & Shield, dirilis juga edisi spesial Zacian & Zamazenta Switch Lite tanggal 8 November, yang berwarna abu-abu muda bergambarkan dua pokemon legendary dari Sword & Shield.