Mobile Suit Gundam telah menjadi franchise yang terkenal di Jepang, bahkan sebelum patung Gundam skala 1:1 dibuat. Tak mengherankan kalau mereka mencabang ke bentuk lain dalam hal penjualan produk. Tak hanya robot Haro asli tapi bisa juga kue. Tapi yang namannya mecha, tentu ada rasa ingin mengendarainya bukan? Nah ada produk yang cocok untuk itu. Karena dikabarkan kalau Bandai siapkan berbagai sepeda Gundam keren.

Oke, mungkin agak kecewa karena bukan mengendarai sepeda gundam berupa mecha besar macam Kuratas 😀 tapi tetap keren menaiki sepeda dengan desain yang terinspirasi dari berbagai mecha seri Gundam. Spesifiknya sih, mecha dari setting Universal Century, setting seri Gundam pertama, yang juga mencakup seri Zeta, ZZ, Gundam Unicorn, dan banyak lagi. Dan memang desainnya keren-keren.

Sepeda berdesain Mobile Suit ini pertama dirilis bulan September lalu. Saat itu, Bandai menampilkan sepeda carbon frame warna merah. Bukan mobile suit tetap, tapi warna desain itu sudah jelas menunjukkan kalau itu berdasarkan rival berat Gundam dan Amuro, Char Aznable sang Komet Merah. Yang sekarang dijual seharga 216.000 Yen.

Dan baru-baru ini, dalam event CYCLE MODE International 2017, Bandai mempertunjukkan frame baru lagi. Dibuat dengan kerjasama AXMAN, salah satu pabrik sepeda terkemuka di Taiwan. Ada tiga desain Mobile Suit yang masing-masing diberi pilihan dua frame, yaitu alloy frame yang seharga 183.000 Yen dan carbon frame yang seharga 355.000 Yen.

Melanjutkan sepeda Char, pertama kita lihat frame dari Mobile Suit Hyaku Shiki, yang dipiloti oleh Quattro Bajeena dari seri anime Zeta Gundam. Baik alloy(bawah) maupun carbon(atas) frame model ini memiliki warna kuning dengan kursi dudukan dan pegangan setir sepedanya berwarna emas kinclong. Walau untuk model carbon kuningnya sedikit lebih dalam dan lebih keemasan.

sepeda gundam

Desain berikutnya memakai dua mobile suit yang patung skala 1:1-nya baru berdiri beberapa waktu lalu 😉 kedua desain ini juga lebih unik lagi, karena jelas ada perbedaan antara desain untuk carbon frame dan alloy frame. Untuk carbon frame, keduanya diselimuti warna hijau biru, merefleksikan status Awakened.

Untuk frame desain Banshee Norn, warnanya dominan hitam. Untuk versi alloy frame, bagian hijau Awakened tadi diganti dengan warna kuning jingga, yang merefleksikan tanduk emas bercabang dari mobile suit tersebut.

Berikutnya adalah frame desain Gundam bintang utama, Unicorn. Overall memiliki desain yang mirip dengan Banshee, tapi untuk bagian hitam diganti menjadi warna putih. Sedangkan untuk versi alloy frame, bagian hijau diganti jadi warna merah magenta, merefleksikan Destroy Mode dari Gundam Unicorn. Ada juga satu garis kuning yang melambangkan tanduk Destroy Mode.

Keren-keren banget dah sepeda-sepeda ini. Coba mina-san beli sepeda frame Unicorn terus dibawa foto bersama Gundam Unicorn Odaiba 😀 memang sih pasti butuh duit banyak, tapi bakal keren jadinya buat foto 😉