Bulan ini sepertinya polisi di Jepang disibukkan oleh dunia animanga. Kita sudah mendengar kabar kepolisian yang menangkap penjual dakimakura ilegal, dan kali ini ada kabar kalau ada kasus kejahatan lagi yang melibatkan animanga. Setelah Love Live, kini yang ternoda adalah animanga Lupin III dimana ada perampok yang fans seri itu sampai alat kejahatan yang dipakainya juga berasal dari seri tersebut.

Seri Lupin III adalah salah satu animanga terpopuler dan juga sebuah judul yang klasik, yang tak hanya memberikan inspirasi dan pengaruh pada berbagai karya animanga atau game Jepang lain tapi juga masih dikenang sampai sekarang.

Karakter Lupin III juga menjadi salah satu karakter pencuri dunia animanga yang paling dikenal. Sesuatu yang sayangnya terasa ternoda karena kejadian perampokan yang dilakukan oleh seorang pria bernama Hijikata Masafumi.

Sedikit kocak dan ironis lagi mengingat kalau perampok ini juga memiliki nama keluarga yang sama dengan Hijikata Toshizou, yang merupakan wakil ketua dari salah satu grup polisi paling dikenal di Jepang, Shinsengumi. Tapi mari balik kepada masalahnya yang mencoreng Lupin III.

Jadi pria bernama Hijikata ini melakukan perampokan pada sebuah toko konbini pada tanggal 8 September. Dan caranya bisa melakukan perampokan tersebut, adalah ia menodong kasirnya dengan pistol bermodel yang sama dengan pistol ikonik karakter Lupin III, yaitu pistol Walther P38. Dan dari situ Hijikata berhasil merampok sekitar 98.000 Yen.

Menyedihkan rasanya, dan tak dibantu lagi dengan bagaimana ia bisa tertangkap, yang disebabkan oleh tingkah keteledoran yang bikin geleng pala. Karena setelah itu ia kembali lagi ke konbini tersebut, dalam keadaan mabuk dan berdiri bergaya-gaya di depan toko! Sang kasir yang mengenal wajahnya, kemudian memanggil polisi, dan Hijikata tertangkap.

Saat ditangkap dikatakan kalau Hijikata masih menolak mengakui kesalahannya. Polisi kemudian mengetahui kalau pistol tersebut hanya replika, dan mereka juga menanyakan Hijikata mengenai pistol itu, dengan ia menjawab kalau ia memilikinya karena ia fans Lupin III. Contoh fans yang buruk ya 🙁 entah bagaimana perasaan Lupin III jika ia nyata dan melihat hal ini.