Minna! adakah yang tertarik dengan industri animasi? tentunya banyak kan mengingat sekarang animasi sednga menjamur dimana-mana. berdasarkan fenomena booming-nya industri animasi pada tahun belakang mulai banyak politeknik, perguruan tinggi maupun perusahaan yang berbasiskan industri animasi bermunculan di Jepang. Namun baik di Jepang, orang yang memiliki kepemahaman akan dunia animasi ini juga tak banyak. Padahal bila dilihat dari prospek kedepannya industri animasi mampu melahirkan berbagai pekerjaan sebut saja animator dan juga pengisi suara . Berdasarkan fakta tersebut maka diadakan acara seminar mengenai seluk beluk industri animasi yang diselenggarakan untuk memperkenalkan lebih jauh kepada para murid SMA. seminar tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober  yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan pekerjaan dalam industri animasi kepada para murid SMA di Tokyo di mana pada acara tersebut akan dipandu oleh berbagai profesional pada bidang animasi.
Acara tersebut dibagi menjadi 3 course, course 1 mengenai copyright dengan mengambil anime “ Young Black Jack” sebagai perantara yang akan dijelaskan oleh ahli mengenai copyright business dari Tezuka production Shimizu Yoshihiro mengenai perencanaan, penayangan, pembuatan animasi, pendistribusian, pengiklanan, dan juga pengembangan karya ke luar negeri.

youngblackjack-anime
Course kedua dengan penjelasan mengenai proses pembuatan film animasi yang dijelaskan oleh produser Udagawa Sumio (Tezuka Production), Sutradara Katayama Miyuki bersama dengan para animator yang menangani “ Young Black Jack”.
Course yang terakhir adalah percobaan langsung, dimana para peserta akan mempraktekkan bagaimana membuat anime dengan gambar digital yang pada course ini akan diarahkan oleh Gurafunika team Ando Keiichi dari Nihon Kou gakuin Senmon Gakkou.

digital-drawing

Tiap course dibatasi hanya 40 orang saja dengan tambahan hanya 20 orang saja yang bisa ikut berpartisipasi dalam praktek pembuatan animasi. Bagi peminat yang belum SMA namun sudahberumur 13 tahun ke atas bisa ikut serta dalam seminar ini.

Kapan ya Indonesia melakukan hal yang sama? melihat geliat industri animasi juga mulai terlihat di Indonesia. semoga saja secepatnya seminar seperti ini juga diselenggarakan di Indonesia ya minna 🙂