Negara Jepang terkenal akan beberapa hal, dan ada yang positif dan negatif. Salah satu yang negatif yang terkenal adalah masalah sekuhara alias sexual harassment atau pelecehan seksual, yang suka terjadi bahkan di negara Jepang yang termasuknya aman. Dan itu bisa terjadi dimanapun, termasuk dalam dunia animanga, dan bukan dalam ceritanya, tapi benar-benar nyata. Seperti seorang director Gainax yang ditahan polisi karena sekuhara baru-baru ini.

Gainax adalah studio anime yang terkenal sebagai pembuat dari seri anime mecha original macam Neon Genesis Evangelion, Gunbuster, Tengen Toppa Gurren Lagann. Tapi selain anime original mereka juga kadang membuat anime adaptasi manga, contohnya manga Kare Kano, Oruchuuban Ebichu, dan Hanamaru Youchien.

Dan baru-baru ini nama studio tersebut jadi dibicarakan, dan sayangnya bukan secara positif. Karena kemarin pada tanggal 5 Desember, muncul berita kalau direktur perwakilan studio Gainax, Maki Tomohiro, ditangkap oleh polisi. Dan alasan penangkapannya adalah karena ia melakukan pelecehan seksual pada gadis muda yang seorang calon seiyuu.

Gadis calon seiyuu tersebut dikatakan telah menandatangani kontrak pengisi suara melalui perusahaan produksi yang ditangani oleh Maki. Menurut laporan polisi dikatakan kalau gadis tersebut telah dilecehkan oleh Maki total sebanyak empat kali dalam bulan Februari, dan juga melapor pihak polisi dalam bulan yang sama.

Maki mendatangi asrama yang ditempati calon seiyuu tersebut, dan ia mengambil foto telanjang gadis itu dengan alasan “untuk mempersiapkannya masuk industri hiburan” dan juga menggrepenya dengan alasan memijit kakinya karena terlihat bengkak.

Tapi setelah ditangkap Maki sendiri tidak mengakui melakukan tindakan tersebut. Dengan Maki mengatakan kalau yang dilakukan olehnya hanya mengambil foto gadis itu, dan itu juga dilakukan olehnya karena ia yang diminta.

Kasus ini memang begitu menggegerkan, tak hanya di Jepang tapi juga diluar. Dan sampai direspon juga oleh studio anime Khara, studio milik salah satu pendiri dari Gainax dan pembuat seri anime Evangelion, Anno Hideaki. Mereka mengatakan kalau Maki Tomohiro sama sekali tidak ada keterlibatan dengan Evangelion dan studio Khara juga tak ada hubungan dengannya.

Mereka juga mengatakan kalau Anno Hideaki dan sutradara anime Evangelion Tsurumaki Kazuya sama sekali tidak memiliki hubungan apapun dengan Maki. Menekankan kalau Khara tak ada hubungan dengan Gainax dan mereka sudah tak ada hak terlibat dengan Evangelion.