Betapa asyiknya kalau kita bisa menguasai banyak Bahasa, apalagi menguasai Bahasa Jepang yang notabene jadi sumber hal-hal favorit kita. Bisa kebayang juga nanti banyaknya manfaat kalau kita bisa berbahasa Jepang.

Sekarang di Indonesia saja event-event Jepang, Pop Culture terutama, baik skala kecil maupun skala Internasional sudah banyak di gelar di berbagai Kota. Banyak artis yang langsung diimport dari Jepang juga disana. Dan dari situ pastinya membutuhkan translator, atau orang-orang yang ahli dalam berbahasa Jepang, jadi, peluang sekecil ini aja sudah membuat kita excited, dengan bisa ketemu artis-artis idola yang menginspirasi kita lewat karya-karya yang luar biasa. Gak bisa kebayang peluang-peluang lain yang jauh lebih besar, misalnya kita bisa menimba ilmu langsung di Jepang atau mempunyai pekerjaan yang kita impikan di Jepang. Hal-hal tersebut  baru bisa dilakukan jika kita menguasai multi bahasa, Terutama Bahasa Jepang.

Namun kendala saat ini adalah gimana cara yang paling gampang untuk belajar Bahasa Jepang, ini problem kita saat mau Belajar Bahasa Jepang

  • hanya sekolah tertentu saja yang memasukan intra/ekstrakurikuler Bahasa Jepang
  • pendidikan formal Bahasa Jepang mungkin baru bisa diraih di tingkat Universitas
  • kursus? mungkin hanya dikota besar saja terdapat kursus Bahasa Jepang yang kredibel belum lagi untuk pergi kursus, jadwal padat buat kita yang sekolah mungkin bakal memberatkan.
  • Bagaimana dengan belajar melalui internet atau belajar otodidak?

well mungkin cara yang terakhir adalah cara yang paling possible untuk dilakukan, tapi tanpa adanya Mentor yang membimbing kita, atau teman untuk berinteraksi dengan bahasa Jepang mungkin progress belajar kita yang bakal terhambat atau malah stagnan. Banyak lho yang ngakunya bisa belajar Bahasa Jepang dari Anime yang dihafal cuman Sumimasen, Ohayou, Gomenasai, Nani!?, Nanda Kore Wa?, hehe.

Ya gak sih? emang membiasakan diri kita dikelilingi dengan banyak hal dari bahasa tertentu bisa membantu kita Familiar dengan bahasa tersebut. Dalam hal ini Bahasa Jepang, dengan menonton ribuan Episode Anime, dengerin lagu-lagu J-pop, atau sampai bercucuran air mata dengan Dorama-Dorama nya, memang sedikit banyak bisa membantu kita untuk familiar dengan Bahasa Jepang. Tapi hal tersebut belum tentu bisa membuat kita dapat berbicara atau menguasai Bahasa Jepang yang memang seharusnya digunakan. Apalagi kalau tujuan kita menguasai Bahasa Jepang adalah untuk bisa Bekerja di Jepang atau Belajar di Jepang.

Coba bayangin deh kalau kita balik misalnya orang ingi belajar Bahasa Indonesia “terinspirasi” dari film-film Indonesia bisa-bisa ngomongnya “Yang kamu lakukan ke Saya itu Jahat, Rangga” dan ya mirip-mirip gitulah kan jadi aneh.

Jadi gimana dong caranya biar kita semua bisa belajar Bahasa Jepang? itulah sebenarnya masalah yang ingin coba dipecahkan oleh Akiba Nation kali ini, mengingat audience Akiba Nation yang sudah semakin berkembang dan ternyata Banyak sekali pecinta Jepang di Indonesia ini, maka Akiba Nation ingin menemukan solusi gimana caranya para Pecinta Jepang ini dapat belajar Bahasa Jepang.

Dan, Solusinya adalah…. jeng, jeng, kami menyebutnya Akiba Classroom!

Kenapa disebut Classroom? Sebenarnya cuma biar bisa dipahami aja kalau ini tempatnya Belajar, gak ada yang spesial, hehe. Karena sebelumnya untuk Belanja sudah ada Akiba Shop. dan sekarang Akiba Class atau Classroom untuk Belajar. Yang spesial apa dong? Yang spesial tentu saja Akiba Class ingin menjawab semua problem dan kendala bagi mereka yang ingin belajar Bahasa Jepang.

Sekarang saya jelaskan yang spesial-spesial nanti Akiba Classroom,

Pertama, bisa diakses dimana saja,

Dari hal ini sudah menjawab problem, kalau sekolah kalian tidak ada pelajaran Bahasa Jepang, atau di kota kalian susah nyari kursus Bahasa Jepang. Akiba Classroom cukup diakses dengan modal Akses internet bisa diakses melalui PC maupun smartphone kalian lho.

Kedua, Mentor/Sensei berpengalaman

Karena namanya Akiba Classroom, kalian akan seperti berada di kelas virtual (meskipun kenyamanan nya seperti rumah sendiri/kamar sendiri, tergantung kalian aksesnya dimana) dengan mentor-mentor berpengalaman. Jangan salah, Sensei di Akiba Classroom agak berbeda dari sensei kalian di Sekolah, Para sensei di Akiba Classroom asyik diajak sharing, dan bertukar pendapat, meskipun mereka sarjana pendidikan Bahasa Jepang, mereka juga termasuk Otaku, ups!.

nih salam dari senseinya

Ketiga, tentu saja Sertifikat

Akiba Classroom akan memberikan sertifikat pegakuan bagi para peserta kelas yang sudah mencapai level tertentu di studinya. Tentu nya sertifikat ini sangat dibutuhkan dan sangat berguna nantinya jika tujuan kalian Belajar Bahasa Jepang adalah untuk melanjutkan studi ke Jepang atau Bekerja di Jepang (Bekerja di Indonesia saja juga berguna dengan sertifikat seperti ini). Dan sertifikat ini juga yang membedakan jika kalian belajar sendiri, atau les privat misal ke temen yang udah bisa bahasa Jepang.

Bonus, dan sedikit info tambahan kenapa Akiba Classroom jadi tempat yang sangat Spesial untuk bisa belajar Bahasa Jepang.

Nantinya kelas online dari Akiba Nation juga dapat direkam dan direplay setiap waktu, menggnakan Aplikasi Adobe Connect (bisa didownload di Play Store lho), mempunyai berbagi fitur yang sangat berguna untuk sebuah kelas online, mulai dari webcam, Share screen, Chats, virtual whiteboard, dan online Quiz.

Bahasa Jepang Adobe Connect
Tampilan Akiba Classroom di PC dengan Adobe Connect

Belajar Bahasa Jepang Akiba Classroom

Dan Berikut tampilan versi Mobile nya.

_mg_0794 _mg_0796

 

Kalian sudah bisa mulai mendaftar melalui Landing Page Akiba Classroom di http://class.akibanation.com/

terdapat 3 Paket pilihan untuk mengikuti Akiba Classroom, mulai dari paket Basic selama satu bulan, lalu paket 3 Month Access include sertifikat, hingga 6 Month access dimana nanti kalian juga berkesempatan untuk ikut serta dalam Noryoku Shiken (seperti TOEFL bahasa Jepang gitu)

Jadi langsung aja kunjungi Page Akiba Classroom, pendaftaran kali ini hanya akan dibuka sampai tanggal 24 Oktober, jangan sampai ketinggalan atau kehabisan kelas.