Sedih saat mendengar kabar kalau ada selebriti favorit yang sakit, dan hal tersebut mempengaruhi pekerjaan mereka. Seperti bassist Meshida Yuuma yang keluar dari band Kana-Boon karena menghadapi tekanan masalah mental. Dan kemarin ada kabar yang mirip lagi, walau tak begitu parah, yang terkena pada seiyuu Yonaga Tsubasa, yang diumumkan kalau ia akan mengurangi aktivitas kerjanya karena ia terkena penyakit Dysphonia.

Yonaga Tsubasa adalah seiyuu muda yang pertama populer berkat perannya sebagai Mihashi Ren di anime Ookiku Furikabutte, yang membuatnya memenangkan penghargaan Best New Actor di Seiyuu Award kedua. Selain itu ia juga terkenal memerankan karakter Sendou Aichi di seri CardFight Vanguard, Nagisa di anime Free, Jude Mathis di Tales of Xillia, dan lain-lain lagi.

Yonaga terkenal akan suaranya yang tinggi, membuatnya menyuarai banyak karakter muda dan berenergi dan uke, dan bahkan ia bisa menjadikannya lebih tinggi lagi sampai benar-benar bisa terdengar seperti suara perempuan moe.

Akan tetapi ada kabar buruk baru-baru ini, karena suaranya yang moe tersebut mengalami masalah. Dalam pengumuman yang baru diberikan olehnya dan juga agensi Seiyuu Ken Production, Yonaga akan membatasi pekerjaannya karena ia mengidap dysphonia. Bagi yang tak tahu apa itu, Dysphonia juga dikenal dengan kata Hoarseness atau suara serak.

Mungkin sudah ada yang mengerti masalah suara tersebut, yang bisa datang dari berbagai hal. Dan tentunya penyakit macam itu adalah sesuatu yang sangat bermasalah bagi seseorang dengan pekerjaan yang berhubungan dengan suara seperti seiyuu.

Yonaga mengatakan kalau ia sebenarnya sudah mulai mengalami masalah suara seraknya sejak akhir tahun 2018 kemarin, tapi ia tetap saja melanjutkan aktivitasnya seperti biasa. Tapi kini ia memutuskan untuk mengubahnya dan mulai membatasi pemakaian suaranya.

Yonaga memutuskan hal tersebut setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter akan kondisinya yang berkelanjutan, dan juga setelah melakukan diskusi dengan perusahaan-perusahaan yang terlibat dan para staffnya.

Dalam pengumuman tersebut dijelaskan juga kalau Yonaga tetap akan melakukan aktivitas dari peran-perannya yang telah diumumkan atau sedang dalam tahap produksi. Ia dan agensinya juga berharap kesembuhan yang cepat dan sepenuhnya.