Seiyuu Narrator Anime Dragon Ball Meninggal

0
153

Belakangan hari ini muncul beberapa kabar duka dari Jepang dalam dunia anime dan game. Dengan meninggalnya Uemura Masayuki sang creator konsol FamiCom dan Nobumoto Keiko sang creator anime Wolfs Rain dan juga penulis anime Cowboy Bebop dan Tokyo Godfathers. Dan sayangnya kali ini ada kabar duka lagi, yang datang dari dunia anime, spesifiknya anime shonen populer Dragon Ball. Dengan meninggalnya Yanami Jouji sang seiyuu dan narrator anime tersebut.

Yanami Jouji adalah seiyuu yang memulai karirnya sejak tahun 1963, masa dimana anime TV baru dimulai di Jepang yang juga membuatnya jadi salah satu seiyuu anime Jepang paling veteran, dan juga terkenal akan kemampuannya dalam adlib.

Contoh perannya adalah sebagai Gennai dalam anime Digimon Adventure, Toutousai dalam anime InuYasha, GanFall dalam anime One Piece, Ittanmomen dalam anime GeGeGe no Kitaro versi 1986 dan juga 1996, dan lain-lain lagi.

Tapi perannya yang mungkin paling dikenal di Jepang adalah sebagai narrator dalam anime Dragon Ball. Dan yang hebat adalah ia konsisten terus melakukannya sejak anime Dragon Ball pertama dan melanjutkannya untuk anime Dragon Ball Z, Z Kai, dan GT. Dan tak hanya itu karena ia juga jadi seiyuu untuk karakter King Kai dan ayah Bulma.

Ia juga melanjutkan perannya sebagai narrator dan King Kai untuk anime Dragon Ball Super yang tayang tahun 2015, akan tetapi sayangnya perannya tersebut tidak dilakukan untuk seluruh episode anime Dragon Ball Super, dimana ia hanya aktif jadi narrator dan King Kai sampai episode 11 dan dari episode 12 dan seterusnya perannya tersebut digantikan oleh Tatsuta Naoki.

Hal tersebut dikatakan dikarenakan ia masuk masa hiatus untuk melakukan pengobatan akan kesehatannya. Dan sedihnya aktivitasnya sebagai seiyuu juga hanya sampai disitu. Dan balik pada topik utama, akhirnya baru-baru ini dikabarkan Aoni Production yang merupakan agensi dari sang seiyuu yang mengumumkan kalau Yanami Jouji telah menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 3 Desember 2021. Ia meninggal diumurnya yang ke-90 tahun.