Anime Suzumiya Haruhi no Yuutsu adalah salah satu anime modern yang paling dikenal pada masa kini yang bisa dibilang mempopulerkan light novel anime, dan salah satu yang paling diingat dari anime itu adalah lagu endingnya yang berjudul Hare Hare Yukai, yang hampir menginjak umur 14 tahun! Dan seiyuu Kyon Haruhi memberikan dukungan pada inisiatif StayHome untuk mencegah coronavirus dengan memakai lagu tersebut.

Suzumiya Haruhi no Yuutsu berawal dari seri light novel yang ditulis oleh Tanigawa Nagaru dan dengan ilustrasi yang digambarkan oleh Ito Noizi. Light novel tersebut dimulai tahun 2003 dan telah merilis volume akhirnya tahun 2011. Novel itu diadaptasi menjadi anime oleh studio Kyoto Animation sebanyak 2 season dan 1 movie.

Dan salah satu hal yang paling dikenal dari anime Suzumiya Haruhi tersebut adalah ending season pertamanya, Hare Hare Yukai, yang dinyanyikan oleh Hirano Aya, Chihara Minori, dan Goto Yuko, sang seiyuu dari karakter Suzumiya Haruhi, Nagato Yuki, dan Asahina Mikuru. Ketenaran anime itu dan animasi tariannya yang imut dan mulus membuat lagu itu jadi viral.

Dan baru-baru ini, Hirano Aya membuat video berdurasi 10 menit yang berisikan tutorial cara melakukan tarian tersebut, dan memulai hashtag di Twitter bertuliskan oUchi de Hare Hare Yukai yang berarti Hare Hare Yukai di rumah, dimana ia mendorong inisiatif Stay At Home pada masa wabah virus corona ini dengan menarikan lagu ikonik itu.  

Dan yang serunya lagi, Sugita Tomokazu seiyuu dari Kyon, sang protagonis utama dan babu Haruhi 😀 juga ikutan! Di channel Youtube barunya yang ia namai AGRS yang berdasarkan agensi seiyuu yang baru didirikannya, ia memasang hashtag yang sama dan melakukan tarian lagu itu.

Tapi berbeda dengan Hirano, Sugita tampil koplak sekaligus keren, dimana ia menari sambil cosplay jadi Kyon tapi juga melebaykan gerakan tarian itu, karena memang sang seiyuu pernah mengatakan kalau ia tak suka menari lagu tersebut, jadi ia “memberontak” pada instruksi tariannya.