Seiyuu Jepang Hadapi Covid19 dgn Gerakan Seiyuuroudokukai

0
168

Sebelumnya dikabarkan kalau masalah virus corona ini juga membawakan masalah pada dunia animanga dengan pembatalan banyak event dan penundaan penayangan anime, yang kemudian membawa masalah juga pada dunia seiyuu. Dan pada masa ini muncul trend dimana semakin banyak seiyuu yang memulai aktivitas Youtuber. Tapi selain itu ada juga yang melakukan hal menarik lagi, yaitu gerakan Seiyuuroudokukai.

Gerakan ini diawali oleh seiyuu Yuuki Aoi. Sebelumnya dikabarkan kalau ia membuat rekaman Read Aloud alias membacakan buku cerita yang kemudian dirilis olehnya melalui website SoundCloud. Tindakannya ini dikatakan terinspirasi dari Presiden negara Israel, yang membacakan buku anak-anak untuk anak dan orang tua yang self quarantine melalui media sosial miliknya.

Yuuki Aoi kemudian mencobanya juga untuk membantu masyarakat Jepang saat ini. Ia membacakan cerita anak-anak Tebukuro wo Kai ni, dan dengan bantuan seiyuu Koiwai Kotori yang mengedit rekamannya dan mengkomposisi BGM rekaman itu. Yuuki juga membuat tag #seiyuuroudokukai yang berarti Seiyuu Reading Aloud Club untuk mengajak para seiyuu lain ikutan.

Gerakan ini dipuji oleh banyak seiyuu, dari Yamashita Daiki sang seiyuu Deku HeroAca sampai Yasumoto Hiroki sang seiyuu King OPM dan bahkan seiyuu veteran Inoue Kikuko. Dan kini ada beberapa seiyuu lain yang juga mengikuti gerakan tersebut.

Contoh yang sudah dikabarkan sebelumnya adalah teman Yuuki, Takahashi Rie, yang membacakan kisah Kizetsu Ningyou dan merilisnya juga di SoundCloud, dengan BGM yang memakai musik buatan Koiwai Kotori juga lagi.

Dan sekalian update untuk seiyuu Kaji Yuuki dan Imai Asami yang keduanya baru membuka channel Youtube sendiri beberapa hari lalu. Mereka juga mengikuti gerakan Seiyuuroudokukai ini dari Youtube, dengan Kaji membacakan kisah Jepang klasik Momotaro, dan Imai membacakan kisah berjudul Unchi ga Denai dengan alunan musik Koiwai Kotori juga.

Dan contoh lainnya lagi adalah Sonozaki Mie yang membacakan koleksi puisi Haru no Shishuu melalui Youtube. Lalu ada Inoue Nana yang membacakan cerita Oyasuminasai mata Ashita melalui SoundCloud. Dan seiyuu singer Nanjou Yoshino yang membacakan cerita Kyonen no Ki yang dirilisnya melalui Instagram.