Cool Japan adalah gerakan dimana negara Jepang mempromosikan budaya negara mereka, dan itu tak hanya mengenai budaya tradisional tapi juga mencakup animanga. Contohnya kemarin-kemarin saat mereka secara mengejutkan memberi investasi setengah juta Yen kepada GoJek Indonesia demi mempromosikan anime dan film Jepang. Kini ada kabar baru lagi mengenai gerakan tersebut, dengan diangkatnya seiyuu Hirano Aya dan Matsumoto Rika menjadi Ambasador.

Tak begitu mengherankan melihat seiyuu anime Jepang diangkat menjadi ambasador gerakan yang mempromosikan budaya Jepang termasuk anime, tapi memang menarik karena ini adalah pertama kalinya seiyuu diangkat jadi ambasador Cool Japan.

Matsumoto Rika adalah seiyuu veteran yang paling terkenal sebagai pengisi suara dari Satoshi dari seri Pokemon. Selain itu ia juga lumayan aktif dalam dunia Tokusatsu sebagai pengisi suara berbagai karakter dari beragam Super Sentai, dan penyanyi opening Kamen Rider Ryuki dan salah satu anggota band anisong super apik JAM Project.

Matsumoto diangkat menjadi ambasador Cool Japan oleh Pemerintah Jepang kemarin melalui menteri Takemoto Naokazu pada tanggal 21 Oktober, membuatnya jadi ambasador Cool Japan yang ke-47 dan seiyuu kedua yang menjadi ambasador gerakan itu.

Dan seiyuu yang paling pertama diangkat, adalah Hirano Aya, yang menjadi ambasador tanggal 9 September kemarin. Seiyuu terkenal yang popularitasnya meleduk berkat salah satu animanga dan light novel paling terkenal, Suzumiya Haruhi no Yuutsu, dimana ia memerankan Suzumiya sang karakter utama dan inti ceritanya.

Hirano juga terkenal sebagai penyanyi seperti Matsumoto Rika, dan ia juga kini memiliki skill yang bisa dibilang agak langka di Jepang, yaitu kemampuan dalam berbahasa Inggris, setelah mempelajarinya selama beberapa bulan di Kota New York, Amerika Serikat.

Matsumoto mengatakan ia ingin mengirimkan energi, keberanian, dan cinta kepada semua orang di dunia, dan mengkomentari karakter Satoshi yang disuarainya yang telah travelling 23 tahun mengunjungi berbagai tempat. Hirano mengatakan ia ingin menyebarkan pesona negara Jepang dengan menghadiri berbagai event anime luar Jepang dan melakukan kegiatan lain-lain.