Jaman sekarang ini menjadi Seiyuu tak hanya mengisi suara karakter anime atau game, mereka juga menyanyi. Ini membuat hubungan antara Seiyuu dan Idol semakin erat, dengan banyak Seiyuu yang bernyanyi dan menari layaknya Idol dan ada juga Idol yang begitu lulus dari grup memilih jadi pengisi suara. Tapi walau jadi salah satu pengisi suara yang bernyanyi, seiyuu Amamiya Sora dikatakan tidak begitu suka dibilang Idol.

Amamiya Sora-chan memang aktif sebagai salah satu member dari trio seiyuu idol unit TrySails. Tapi dalam program radio yang dibawakan olehnya yang ditayangkan beberapa hari lalu, Sora-chan mengatakan kalau tak hanya ia tidak suka dibilang sebagai seorang idol, ia dulu malah membenci istilah Idol.

Amamiya mengatakan “saat ini, ada satu seksi dari industri seiyuu yang disebut Idol Seiyuu, tapi aku tidak begitu suka akan sebutan itu” kemudian mengatakan “Aku tidak suka menjadi projeksi gambaran ideal dari orang lain dan menjadikan hal itu pekerjaanku, karena aku sama sekali tidak mengerti apa gambaran ideal dari orang lain”.

Ia juga berkata “Aku saja perlu berusaha sekuat tenaga untuk mengejar idealku sendiri, jadi aku ingin memberitahukan orang-orang untuk berhenti memanggilnya idol… Aku tidak ingin melakukan hal-hal Imut, dulu aku lebih ingin orang-orang mengatakan kalau aku Keren, karena itu aku tidak ingin disebut sebagai idol”

Perkataan mengenai projeksi itu mereferensikan definisi original dari kata Idol. Sekarang memang kata Idol erat pada penyanyi dan penari, tapi arti kata itu bisa juga sesuatu (bisa orang atau gambar atau patung dan lain-lain) yang dipuja.

Dan kata-katanya juga bisa mereferensikan bagaimana Idol di Jepang erat dengan image yang pure atau kawaii. Mungkin bisa dibilang ia tak ingin dipaksa untuk menjadi sesuatu yang menjadi pujaan imajinasi orang lain.

Pendapat yang lumayan menarik melihat bagaimana Sora-chan juga sudah pernah mengisi suara karakter yang berada pada posisi macam itu. Dengan idol Kitazawa Shiho dari game IdolM@asters, dan Dewi (gaguna) Aqua yang dipuja begitu fanatiknya oleh pengikutnya dalam seri KonoSuba.

Tapi setidaknya dalam acara itu ia juga mengatakan sekarang ia sudah lebih dewasa, dan melonggarkan kebenciannya. Mengatakan kalau sekarang ia sadar setiap orang memiliki cara pikirnya sendiri. Ada yang tidak memanggilnya idol setelah tahu ia tidak suka, tapi ia juga tidak mau memaksa pemikiran orang lain, jadi perasaannya sekarang lebih pada “terserah saja deh”.

Comments