Kabar yang tak menyenangkan juga bisa muncul bahkan pada masa perayaan Natal dan Tahun Baru. Setelah kesulitan yang dihadapi studio KyoAni dalam mendirikan taman memorial untuk staff mereka yang meninggal dalam kebakaran, kini ada lagi kabar yang tak begitu positif dari dunia anime. Dan itu adalah kabar dari seiyuu Nitta Emi, yang baru-baru ini memberikan pengumuman kalau ia terkena penyakit dysphonia.

Nitta Emi atau kadang juga dipanggil Emitsun adalah seorang seiyuu muda asal Nagano. Ia telah aktif mengisi suara sejak tahun 2010. Contoh perannya adalah sebagai Naruze Malga dari Kyoukai Senjou no Horizon dan Morizono Ricca dari Da Capo III.

Tapi perannya yang paling melekat dan dikenal adalah sebagai Kousaka Honoka sang protagonis dari salah satu seri anigame idol paling terkenal dan populer saat ini, Love Live, dimana ia masih aktif mengisi suara dan bernyanyi sebagai karakter tersebut.

Selain bersuara dan bernyanyi ia juga beraktivitas jadi model, dan beberapa hari lalu merayakan ulang tahunnya dengan merilis photobook, yang juga bisa membuat fans di Indonesia bangga karena ia melakukannya di pulau Bali.

Tapi balik ke poin utama, baru-baru ini Emitsun mengadakan livestream kecil melalui LiNE Live. Dan dalam livestream tersebut, ia mengumumkan kalau sebenarnya kondisinya sedang tidak begitu sehat. Hal tersebut juga dijelaskan lagi melalui tweet dari Kisara Youhei yang merupakan presiden dari label Emitsun saat ini, Stray Cat company, yang juga hadir dalam livestream tersebut.

Dijelaskan kalau sebenarnya Nitta Emi terkena penyakit dysphonia, yang telah terjadi padanya sejak beberapa tahun lalu. Dijelaskan kalau ia telah pergi ke dokter dan menjalani beberapa treatment, tapi tetap saja dikatakan kalau saat ini seiyuu Honoka-chan tersebut tak dapat bernyanyi sebagus sebelum ia terkena penyakit itu.

Bagi yang tak tahu, dysphonia adalah kondisi suara serak. Sesuatu yang sangat tidak bagus bagi mereka yang kerja jadi seiyuu dan apalagi yang juga aktif sebagai penyanyi. Dan jika mina-san ingat, seiyuu Yonaga Tsubasa juga terkena penyakit itu, membuatnya memutuskan untuk mengurangi pekerjaannya mengisi suara untuk kedepannya. Semoga keduanya cepat sembuh ya 🙁