Buat kalian fans Bleach ataupun Naruto dan udah pernah nonton anime-nya, pasti tau dengan grup satu ini. Ya, Home Made Kazoku. Grup trio bergenre hip-hop ini terdiri dari Micro, Kuro, dan DJ U-Ichi dan sudah terbentuk sejak 1996. Pada AFASG kemarin mereka hadir sebagai salah satu artist I Love Anisong di AFASG 2016. Pada kesempatan itupula tim Akiba berkesempatan untuk bertemu sapa dengan grup legend satu ini. Mereka banyak mencurahkan beberapa hal, salah satunya adalah alasan hiatus grup yang sudah berjalan 10 tahun ini. Konon mereka akan hiatus tahun ini guys. Kuy cek hasil wawancaranya :

home_made_kazoku_619

Q : Apa sih momen terberat saat bermusik dalam group?

Home Made Kazoku: Momen terberat yang dirasakan adalah ketika kami masih merupakan grup indie dan belum memiliki label. Kami mengaransemen musik di rumah Micro saat itu lalu merekamnya di rumah lain. Bolak-balik kami lakukanuntuk membuat demo musik lalu menawarkannya kepada label terus-menerus.

Q : Dari semua lagu yang sudah kalian ciptakan, menurut kalian lagu mana yang memiliki makna penting bagi kalian?

Home Made Kazoku : Lagu yang memiliki makna penting bagi kami salah satunya adalah “Nadeiko” atau yang dalam bahasa Indonesia terhubung (connected). Lagu ini menyampaikan kepada kita betapa pentingnya sebuah keluarga dan kehidupan dan bagaimana kamu memaknai pemberian yang kamu dapat, yaitu keluarga dan kehidupan itu sendiri. Ketika kamu kehilangan, jangan menyerah, karena kamu memiliki keluarga termasuk teman dan kehidupanmu sendiri. Lagu ini adalah lagu baru kami yang akan dirilis bersama dengan album terakhir kami sebelum kami hiatus.

Q : Kalau boleh tahu, apa sih alasan kalian hiatus?

Home Made Kazoku : Kami hiatus karena adanya perbedaan di antara kami dan kami juga meningkatkan kemampuan kami secara individu. Kami sangat senang kami bisa perform di luar negeri sebelum kami hiatus.

Q : Apa yang akan kalian lakukan selama kalian hiatus?

Home Made Kazoku : Micro ingin melakukan karir solo. DJ U-chi akan memproduksi beberapa lagu baru, sedangkan Kuro akan membuat band baru dimana dia menjadi rapper di band tersebut.

home made kazoku
Credit Photo by Widy Octavian

Q : Apa pesan kalian kepada para fans sebelum kalian hiatus?

Home Made Kazoku : Pesan terakhir kami sebelum hiatus semua tertuang pada lagu terakhir kami, “Nadeiko”, yang berarti walaupun kami hiatus untuk sementara, kami akan terus terhubung dengan para fans kami dan juga kami selama ini menganggap fans kami adalah sebuah pemberian untuk Home Made Kazoku.

Yaa doakan saja yaa Akiba-chan dan Akiba-Kei semoga Home Made Kazoku dapat terus berkembang dengan perjalanan karirnya masing-masing dan semoga Home Made Kazoku bisa secepatnya coming back yaa.