Doraemon memberikan beberapa kabar menarik belakangan ini. Ada yang seru dan positif seperti pengumuman adanya game Doraemon Harvest Moon, dan ada yang tak begitu positif seperti kritik film DQ buatan staff Doraemon Stand By Me. Tapi kali ini ada kabar yang seru lagi, yang datang dari Movie Doraemon 2019, dimana movie tersebut merajai bioskop Jepang, sampai lebih dari sebulan! Atau tepatnya, 6 minggu alias 1½ bulanan.

Movie Doraemon 2019 berjudul Eiga Doraemon no Nobita no Getsumen Tansaki atau Chronicle of Moon Exploration. Sesuai dengan judul itu, kisahnya mengenai petualangan Nobita, Doraemon, dan kawan-kawan, menjelajahi bulan, dimana Nobita berusaha membuktikan legenda Jepang kalau ada kelinci yang tinggal di bulan.

Movie itu disutradai oleh Yakuwa Shinnosuke, yang sebelumnya juga terlibat dalam movie Doraemon 2016, Nobita and the Birth of Japan. Dengan naskah yang ditulis oleh author misteri pemenang penghargaan Naoki Award, Tsujimura Midzuki. Dan Hirai Dai yang menyanyikan theme song berjudul The Gift.

Nobita dkk masih disuarai seiyuu yang sama, dengan tambahan guest seiyuu seperti artis Hirose Alice sebagai karakter baru Ruka, Nakaoka Souichi sebagai Cancer, Takahashi Shigeo sebagai Crab, Yagira Yuuya sebagai Godard, dan Yoshida Koutaro sebagai Diablo.

Movie ini pertama ditayangkan pada tanggal 1 Maret 2019 kemarin, dan sasuga, mereka merajai weekend box office perilisannya pada posisi pertama. Dan itu berlanjut sampai minggu kedua, ketiga, dan terus sampai Maret selesai, dan masih saja sampai saat ini.

Hal itu membuat Nobita no Getsumen Tansaki menjadi film Pokemon pertama yang merajai box office Jepang selama 6 minggu berturut-turut sejak seri film Doraemon dimulai dari tahun 2004 lalu. Tapi akan muncul tantangan besar dalam bentuk movie Conan 2019, jadi tak tahu bagaimana posisinya minggu depan. Tapi bukan berarti ini movie Doraemon tersukses.

Karena rekor tersebut masih dipegang oleh movie anime Doraemon 2018 Nobita no Takarajima yang berhasil meraup keuntungan total sebesar 5,37 milyar Yen, dan CG Film Doraemon Stand By Me yang meraup untung 8,38 milyar Yen. Walau movie Doraemon 2019 juga untung besar karena hanya dibelakang dua film itu, dengan keuntungan totalnya saat ini sebesar 4.5 milyar Yen.