Sungguh sesuatu yang sulit dipercaya, setelah sekian kali mempermainkan dugaan fans, akhirnya… Gintoki mengakhiri karirnya sebagai Yorozuya. Ya, tak terpercaya rasanya, kalau kali ini memang ending yang benar-benar ending. Manga Gintama benar-benar berakhir. Selamat dan Sayonara Gintama! Dan hal tersebut juga sedang dirayakan, dengan sedang dicari dan dikumpulkannya fanmessage perayaan akhir manga Gintama.

Manga Gintama karya Sorachi Hideaki telah lama dikabarkan akan berakhir. 2018 kemarin diumumkan chapter akhir manga Gintama akan dirilis Shonen JUMP pada bulan September, tapi kemudian diumumkan gajadi tamat dan akan lanjut sedikit lagi dengan 3 chapter “final” berikutnya dirilis di JUMP Giga. 3 Chapter itu dirilis sampai awal 2019, dan manga Gintama selesai… Or is it!

Dannn ternyata gagal lagiii. Dengan diumumkan kalau perilisan chapter berikutnya dipindah lagi ke app official seri Gintama. Kemudian diiumumkan kalau chapter final manga Gintama akan dirilis di app itu tanggal 17 Juni. Tappi~ kemudian diumumkan diundur lagi jadi tanggal 20. Terasa kalau sepertinya “final” itu akan berupa trolling lagi dan akan lanjut sedikit lagi 😀 … or is it?

Chapter final yang dikatakan akan benar-benar final dari manga Gintama kemudian dirilis sesuai jadwal, dan… benar-benar akhir?!? Walau ada tetap sedikit humor diakhirnya, tapi sesuai perkataan mereka, chapter 704 tersebut benar-benar adalah chapter akhir dari manga Gintama.

Kejutan yang luar biasa. Rasanya lega akhirnya benar tamat, tapi juga agak sedih karena benar tamat. Tapi tentu akhir Gintama ini dibercandai juga dengan chapter bonus post-finale yang dirilis di website official Gintama.

Tapi ini tetap sesuatu yang patut dirayakan, dan disitu diumumkan juga kalau departemen editor JUMP sedang mencari pesan-pesan fans yang akan diterbitkan di koran pada tanggal 2 Agustus. Tanggal yang sama dengan jadwal perilisan volume tankobon terakhir manga Gintama dan pengiriman fanbook Gintama terakhir, Koujien.

Mereka yang ingin pesannya diterbitkan dapat posting tweet ke akun editor JUMP dengan hashtag Sayonara Gintama. Tapi perlu dicatat juga kalau tak semua pesan dapat diterbitkan, dan kesempatan ini ditutup tanggal 20 Juli ini. Arigatou Gozaimasu Gintama dan Sorachi yang telah membuat kita ngakak selama 15 tahun 🙂