Film dengan robot suit, eva, gundam, armor, dan sejenis itu memang sangat keren. Apa lagi kalau digabungkan dengan manusia beneran di live action. Mantab bener!! Eitts… tapi jangan terpesona dulu kalau belum tahu yang satu ini. Ada sebuah film layar lebar yang juga menggunakan robot. Tapi ini agak lain dari pada yang lain, bisa dibilang sangat unik dan istimewa malah.

SAYONARA, adalah film pertama yang melibatkan sebuah robot tiruan manusia atau humanoid sebagai pemeran utamanya. Gileee,, artis aja kalah saingan. Android yang diberinama Geminoid F ini merupakan hasil karya Professor besar Osaka University yaitu Prof. Hiroshi Ishiguro. Sebelumnya beliau juga telah menghasilkan para ‘robot’ lain seperti Erica dan Otonaroid, yang berhasil menyabet kejuaraan robotic. Entah karena telah memenangkan kejuaraan atau memang dunia entertainment jepang ingin menunjukkan kelayakan robot Geminoid terbaru ini sebagai sesuatu yang baru dalam kancah perfilman, yang jelas akhirnya film buatan sutradara Koji Fukuda ini memasukkan dua unsur unik yang tidak biasanya muncul di film lain, dua artis utama diperankan oleh orang “asing”. Yang satu gaikoku-jin (bukan darah jepang) dan yang satu ningen-janai (bukan manusia). Film Sayonara menggaet artis berdarah amerika Bryerly Long untuk memerankan tokoh Tania, sedangkan Geminoid F memerankan Leona. Geminoid F pertama kali diperkenalkan pada saat Tokyo International Film Festival. Robot ini terbuat dari kerangka logam, pneumatic actuators, silicon dan uretan. Dia dapat memperlihatkan emosi seperti tersenyum, marah, sedih dan dapat berbicara menirukan suara orang lain. Namun dia belum dapat berjalan seperti manusia sehingga dalam Sayonara Film dia diberi peran sebagai robot yang cacat.

Yang membuat film ini unik memang artis yang digunakan merupakan robot asli, dengan gerakan dan emosi asli dan diedit melalui dunia digital. Jadi kalau kebanyakan film menambahkan karakter robot mereka melalui tipuan mata, kali ini Prof. Ishiguro benar-benar menerjukan robotnya untuk berakting, tentu saja dengan bantuan kendali gerakan yang dikontrol melalui laptop pribadi sang professor. Yah, jadi bisa dibilang di film ini kalian nggak 100% dibohongi oleh layar digital 😀

Sayonara Film bercerita tentang Tania, gadis berdarah asing yang tinggal di jepang sebatang kara. Pada saat terjadinya bencana nuklir di Fukushima tahun 2010, jepang menggalakkan kegiatan evakuasi ke luar negeri untuk para penduduk local supaya selamat dari bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh bencana tersebut. Tetapi, karena jumlah pengungsi begitu besar pemerintah terpaksa memprioritaskan golongan tertentu seperti anak-anak, wanita hamil dan orang tua. Selain golongan tersebut terpaksa harus sabar menunggu giliran karena memang tidak semua pengungsi bisa secara bersamaan diselamatkan. Tania, termasuk orang yang mendapat nomor giliran paling belakang, sehingga mau tidak mau dia tetap tinggal di daerahnya sampai relawan datang. Sebenarnya ia tidak benar-benar sendirian, ada Leona, robot yang disetting untuk menemaninya sejak ia sakit-sakitan di masa kanak-kanak dulu.

Sayonara Film AN

Sayonara Film AN
Geminoid F si pemeran utama

Sayonara Film AN

Sayonara Film AN