Seperti yang telah diketahui, banyak anime yang episode barunya atau keseluruhan serinya jadi ditunda penayangannya dikarenakan wabah virus corona di Jepang yang mengganggu proses produksi, termasuk season finale anime SAO Alicization Underworld. Akan tetapi baru-baru ini dijelaskan kalau para staff tetap bekerja dari rumah membuat anime itu, agar bisa tayang dalam musim Summer 2020 nanti.

Sword Art Online Alicization War of Underworld adalah anime terbaru dari seri Sword Art Online yang mengadaptasikan kisah Alicization arc dari light novel originalnya tapi ditambahkan dengan sedikit elemen dari film SAO Ordinal Scale yang diumumkan dibuat sepanjang 4 cour.

Anime tersebut mulai tayang dari musim Fall 2018 lalu sepanjang 2 cour alias 24 episode sampai bulan Maret 2019. Dan kemudian ada sedikit break sebelum menayangkan bagian keduanya, War of Underworld, yang penayangannya dibagi jadi 2 part. Dengan part pertamanya tayang dalam musim Fall 2019 lalu sepanjang 1 cour alias 13 episode.

Dan diumumkan kalau part/cour keduanya yang menjadi finale anime itu dijadwalkan untuk tayang dalam tahun 2020 pada musim Spring. Akan tetapi dikarenakan wabah virus corona, jadwal tersebut jadi batal, dan diumumkan kalau SAO Alicization War of Underworld part 2 ditunda penayangannya.

Dan baru diberikan update mengenai anime itu, dengan konfirmasi jadwal tayang barunya, yang diberikan dalam acara Youtube livestream Dengeki Online kemarin-kemarin, yang dihadiri oleh Kawahara Reki sang author novel SAO original dan Miki Kazuma sang editornya, dan juga produser Aniplex Niwa Masami dan produser Bandai Namco Futami Yosuke.

Disitu dikonfirmasikan lagi kalau finale anime SAO Alicization War of Underworld dijadwalkan tayang dalam musim Summer 2020 pada bulan Juli. Niwa Masami juga berkomentar mengatakan para staff anime SAO tetap bekerja dari rumah membuat storyboard, animasi, dan naskah melalui telework.

Dan bicara soal kerja dari rumah, sebagai tambahan, pihak anime SAO juga mendorong inisiatif StayHome dengan merilis wallpaper yang dapat dipakai sebagai background video conference, bergambarkan Eugene yang meminta Kirito untuk StayHome.