Hai Akiba-chan dan Akiba-kei Akiba punya kabar gembira nih…. Siapa yang doyan banget baca komik “Lookism” di Webtoon? Ya, Taejoon Park sudah dikonfirmasi akan hadiri salah satu ajang comic con terbesar di Jakarta, POPCON. Seperti kabar yang sudah tersebar di sosial media, melalui video pribadi Taejoon untuk POPCON, komikus ikemen ini mengkonfirmasi dirinya akan menjadi salah satu Guest Star di acara tersebut

Lookism

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa sih rahasia suksesnya bikin komik yang popular di banyak negara seperti LOOKISM? LOOKISM, sebuah komik bergenre drama yang saat ini masuk jajaran komik paling popular di webtoon dan terbukti mampu menyedot perhatian masyarakat dari berbagai negara seperti Indonesia, Tiongkok, dan Korea Selatan. LOOKISM sempat beredar di NAVER WEBTOON pada tahun 2014 sebelum diterbitkan di LINE WEBTOON Indonesia.

Dari pengalaman Taejoon Park, ternyata penting untuk bikin komik dengan sepenuh hati. Jadi, jangan setengah-setengah! “Jika melakukan dengan senang hati, pasti akan berhasil. Itu pula yang membuat saya selalu berusaha memberikan yang terbaik. Saya rasa komikus baru juga harus mencobanya.” Terangnya dengan rendah hati.

f43361da62db51f468af1517bbac0035d5deab26_hq

Selama proses pembuatan LOOKISM, Taejoon Park mengaku gak pernah terpikir untuk menggurui publik dengan pesan-pesan khusus. Dia hanya berusaha memasukkan kisah-kisah yang dekat dengan kehidupan nyata sehingga masyarakat mudah untuk mencerna isi cerita. “Saya ingin mengajak pembaca untuk berpikir, namun tidak menggurui. Ceritanya saya buat mudah untuk dihubungkan dengan dunia nyata. Saya sangat bersyukur banyak yang menikmati webtoon saya. Saya pikir sebagian pembaca merasa senang dengan cerita dan karakter karena ada kesamaan, sehingga semakin membaca akan semakin tertarik.”

Ide ceritanya sendiri diperolehnya ketika dirinya sedang bermimpi. Setelah ide kreatif itu muncul, Taejoon Park kemudian melengkapi data yang diperlukan dengan melakukan wawancara dengan beberapa orang, termasuk juga memasukkan referensi berdasarkan pengalamannya sendiri. Menurutnya, inilah tantangan terbesarnya dalam membuat LOOKISM. Tidak hanya dia beberapa kali bermasalah dengan perangkat menggambarnya, ditambah dengan jadwal deadline yang ketat; namun juga sangat menantang ketika dia harus mewawancarai banyak pihak, bahkan mereka yang memiliki profesi tidak biasa seperti manager  host bar (bar khusus wanita dengan pelayan laki-laki ganteng), manager yang mengelola bisnis judi online, dan lain-lain.

Sudah dua tahun sejak Taejoon Park mulai menerbitkan LOOKISM pertama kali di Webtoon Challenge dan Webtoon Resmi Korea. Sejak saat itu kesibukannya memang bertambah banyak hingga nyaris tidak ada waktu untuk diri sendiri. Namun, dia tetap berterimakasih dan merasa bersyukur karena komiknya digemari pembaca. “Rasanya begitu bahagia. Jadi, saya membuat webtoon dengan senang hati dan tidak ada penyesalan pernah memulainya.”

Komik  berarti banyak bagi Taejoon Park. Ketika kecil, dia mengalami kesulitan untuk bergaul bersama teman-temannya sehingga banyak menghabiskan waktu membaca komik dan menggambar. Tidak disangka, hal yang awalnya dibuat semacam pelarian dari dunia nyata ini menjadi hobi yang mengantarkannya menghasilkan karya seperti LOOKISM. Kreator yang lahir pada 3 September 1985 ini memang gemar melukis dari kecil sampai akhirnya membuatnya memilih jurusan komik di sebuah Universitas.“Waktu kecil, ibu memberikan saya buku komik dalam perjalanannya ke tempat kerja. Saya mulai meniru gambar-gambar di komik sejak umur 6-7 tahun. Saya suka komik Indonesia. Saat ada waktu, saya juga membaca Line Webtoon Indonesia. Komiknya bagus-bagus dengan gambar yang berwarna-warni dan karakter yang sangat kreatif.”

Tidak hanya jago ngomik, pria asal Korea Selatan ini juga memiliki banyak talenta yang membuatnya terkenal di dunia maya hingga dijuluki “Online Star”. Ia pernah mengikuti program televisi kabel berjudul “Ulzzang Shidae” (Masa Ulzzang) dan “Flower Men Corporation.” Ia juga pernah membuat single digital.

Kalau kamu termasuk penggemar Taejoon Park, ada berita bagus buat kamu. Kamu bakal punya kesempatan bertemu Taejoon Park karena komikus keren ini bakal hadir di acara POPCON ASIA 2016 yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 12, 13, 14 Agustus. Ssst denger-denger bakal ada meet & greet dengan doi lho. Check POPCON ASIA 2016 website for more info.