Masalah kesehatan menyangkut telinga sering kali ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu bisul yang tumbuh di lubang telinga, gangguan pendengaran yang disebabkan penumpukan kotoran telinga, hingga terjadinya infeksi telinga. Berangkat dari masalah-masalah ini, para inovator Jepang mulai menggebrak pasar dengan inovasi yang cukup unik: salon khusus telinga!

Akiba-chan dan Akiba-kei mungkin berpikir, seperti apa salon khusus telinga itu? Layanan apa saja yang ditawarkan? Apakah mirip tempat praktek dokter spesialis THT? Berapa biayanya? Nah, untuk menjawab rasa penasaran yang ada dalam benak Minasan, maka Akiba Nation akan menyajikan fakta-fakta salon khusus telinga di Jepang! Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Inspirasi

Memang, salon khusus telinga berawal dari masalah-masalah menyangkut telinga yang sering dialami oleh masyarakat Jepang. Namun, terlepas dari semua itu, apa yang menjadi inspirasi dalam pendirian salon unik ini? Rupanya, inovator Jepang terinspirasi dari kerinduan masa kecil orang-orang Jepang yang sering kali duduk di pangkuan sang ibu sambil dibersihkan telinganya, kemudian tertidur lelap.

Perasaan nyaman dan aman yang dirasakan orang Jepang ketika dibersihkan telinganya oleh ibu mereka merupakan satu-satunya alasan mengapa salon khusus telinga didirikan. Ketika masuk ke dalam salon tersebut, maka pasien bisa memilih untuk melakukan perawatan telinga dengan cara tradisional, yakni berbaring di pangkuan petugas yang akan membersihkan telinga pasien, sehingga kenyamanan yang dirasakan membuat pasien tertidur lelap.

2. Peralatan Canggih

Siapa yang bilang kalau salon khusus telinga di Jepang masih menggunakan alat-alat kesehatan yang belum modern walaupun dengan cara perawatan yang tradisional? Faktanya, semua peralatan yang digunakan sangatlah canggih dan sesuai standar kedokteran. Salah satunya adalah adanya kamera mikro pada corong pembersih telinga sehingga bisa melihat isi dalam telinga melalui monitor. Jadi, pasien dapat mengetahui keadaan telinganya sendiri.

Baca juga: Top 10 Cita-Cita Anak Jepang, Beda Banget Sama Anak Indonesia

3. Biaya

Bukan Jepang kalau jasa inovasi tidak mahal harganya. Di Negeri Bunga Sakura itu, salon khusus telinga memiliki tarif pelayanan yang cukup mahal. Untuk membersihkan telinga selama 20 menit saja kamu akan dikenai biaya sekitar 250 ribu rupiah. Kebanyakan yang pesan adalah para cowok remaja dan dewasa muda yang sedang dilanda stres karena sekolah atau pekerjaan dengan sesi perawatan rata-rata 1 jam lebih.

4. Manfaat

Apa faedahnya mendatangi salon khusus telinga? Agar bisa tidur di atas pangkuan petugas cewek cantik? Itu memang alasan yang dapat disebut ‘berfaedah’ walaupun sebenarnya tidak terlalu berfaedah. Akan tetapi, bagi Minasan yang sangat peduli terhadap kebersihan telinganya dan sedang dalam kondisi stres (atau gabut), maka sempatkanlah untuk datang ke tempat ini. Membayar sedikit mahal untuk merawat indra pendengar yang terhitung sangat penting bukanlah sesuatu yang mubazir!

Bagaimana? Apakah Minasan juga berminat untuk mencobanya sesekali jika berlibur ke Jepang nanti? Untuk tempatnya, Minasan bisa mencari salon khusus telinga ini di Tokyo atau kota-kota besar di Jepang. 😀