Sebagai negara dengan empat musim, wajar bagi Jepang untuk turun salju, apalagi sekarang juga sedang musim dingin. Turunnya salju bisa menjadi hal yang menyenangkan, apalagi di Jepang juga ada berbagai festival salju, seperti di Sapporo. Tapi seperti air dan banjir, kalau kuantitasnya terlalu banyak bisa buruk, yang terlihat dari kabar kalau Tokyo kena bencana salju. Tapi, bencana salju di tokyo itu malah jadi ajang kreativitas fans anime.

salju di tokyo

Memang segala sesuatu itu ada positif dan negatifnya ya. Kita mulai dari negatif dulu, dengan penurunan salju yang sangat lebat yang terjadi di Jepang, yang memberikan dampak buruk kepada penduduk di Tokyo, Ibukota Jepang yang pastinya penuh aktivitas orang-orang yang bekerja. Dan kita tahu betapa seriusnya orang Jepang mengenai kerja.

Tapi karena salju salju di tokyo tersebut, orang-orang jadi mengalami kesulitan dalam hal transportasi. Dikatakan kalau ini adalah penurunan salju terberat selama empat tahun di Tokyo, dengan ketinggian salju mencapai 10-20 cm! Jadi seperti kita-kita di Jakarta kalau kena banjir, orang-orang di Tokyo juga jadi sulit bergerak.

Penerbangan di Bandara Narita dan Haneda dibatalkan, dan banyak sekali penumpang yang terdampar disitu, menyebabkan produk makanan daerah situ jadi sold out. Sebelumnya juga telah diprediksi kalau akan ada penurunan salju lebat, dan disarankan pekerja dan pelajar pulang lebih awal, menyebabkan stasiun kereta dan bus jadi lebih penuh dan ramai daripada pasar.

Tapi yang lebih bahaya lagi, adalah mereka yang naik mobil dijalan. Salju tersebut membuat jalanan jadi licin, dan ada beberapa kecelakaan yang terjadi. Dan bagi yang berpikir untuk meninggalkan mobil untuk jalan, pejalan kaki juga banyak yang terpleset. Diperkirakan ada sampai 180 orang luka-luka karena licinnya salju.

TAPI ada sesuatu yang positif dari situasi negatif ini. Bagi para fotografer, salju tersebut jadi memperindah berbagai tempat di Tokyo, seperti Museum Ghibli, Tokyo Disneyland, dan distrik Akihabara. Dan suhu yang dingin juga menyebabkan munculnya kabut, yang disebut netizen sebagai Unkai alias Laut Awan, karena memang bentuknya seperti ombak/sungai awan yang unik dipandang.

Hal yang positif juga muncul dalam kreativitas orang-orang Tokyo. Seperti yang suka main air saat banjir disini, para fans anime dan game bersenang-senang dengan berkreasi membuat Yukidaruma atau manusia salju yang unik. Dari Totoro sampai Pokemon, dan ada juga yang membuat Haro yukidaruma di Gundam Unicorn Odaiba. Selain itu, ada juga karakter yang serinya lagi populer animenya dimusim ini, Pop Team Epic. Sampai ada yang berani membuat pahatan salju jari tengah, jadi disensor 😀 yah walau diterjang situasi buruk, tetap berpikiran optimis saja ya mina-san, ambil positifnya saja.

https://twitter.com/nakagaminakagam/status/955509929921556487