Para fukei atau fans Sakura Gakuin pada tanggal 6 Mei 2016 lalu di Nakano Sun Plaza Hall, Tokyo, diperkenalkan dengan para murid pindahan atau anggota baru Sakura Gakuin. Mereka adalah Yuzumi Shintani, Tsugumi Aritomo, dan Momoe Mori. Masuknya tiga orang murid pindahan tersebut membuat grup tersebut sekarang berjumlah 12 orang. jumlah yang sama sebelum upacara kelulusan tahun ini. Dalam acara itu hadir juga tiga orang alumni; Marina Horiuchi, Rinon Isono, dan Saki Ooga serta beberapa anak AMUSE KIDS diantaranya Reina Kondo dan Saki Akai.

Foto bersama anggota lengkap Sakura Gakuin 2016 bersama beberapa lulusan. (sumber: akun twitter resmi Sakura Gakuin)
Foto bersama anggota lengkap Sakura Gakuin 2016 bersama beberapa lulusan. (sumber: akun twitter resmi SG)

Berikut ini adalah biodata singkat para murid pindahan tersebut:

sumber: situs resmi Sakura Gakuin
sumber: situs resmi SG

Nama: Yuzumi Shintani

Asal: Prefektur Wakayama

Jenjang pendidikan: SMP kelas 1

Tinggi badan: 151cm

Tanggal lahir: 20 Juli 2003

sumber: situs resmi Sakura Gakuin
sumber: situs resmi SG

Nama: Tsugumi Aritomo

Asal: Prefektur Chiba

Jenjang pendidikan: SD kelas 6

Tinggi badan: 140cm

Tanggal lahir: 7 September 2004

sumber: situs resmi Sakura Gakuin
sumber: situs resmi SG

Nama: Momoe Mori

Asal: Tokyo

Jenjang pendidikan: SD kelas 6

Tinggi badan: 140cm

Tanggal lahir: 8 Desember 2004

Mereka diperkenalkan pada acara “Sakura Gakuin 2016 Transfer Ceremony” dimana dalam acara tersebut selain diisi dengan penampilan live, juga disertai sesi perkenalan murid pindahan dengan setting ruang kelas, penunjukkan bakat para murid pindahan, dan perkenalan seragam baru. Dalam acara tersebut diumumkan juga pemberian jabatan resmi pada Sara Kurashima sebagai Ketua Kelas, Aiko Yamaide sebagai Wakil Ketua Kelas, dan Mirena Kurosawa sebagai Ketua Berbicara.

Formasi lengkap para murid angkatan 2016 (sumber: situs resmi Sakura Gakuin)
Formasi lengkap para murid angkatan 2016 (sumber: situs resmi SG)

Sakura Gakuin adalah grup multivokalis yang dibuat menyerupai sekolah. Para anggota diberikan seragam sekolah, mengikuti pelajaran-pelajaran, menghadapi ujian, dan pada akhirnya harus menjalani kelulusan dari grup tersebut bertepatan dengan kelulusan tiap anggota dari tingkat SMP sekolah sebenarnya. Grup ini juga memiliki sub-unit yang dibuat seperti klub ekstrakurikuler; klub musik keras (BABYMETAL), klub masak (Mini Pati), klub tenis (Pastel Wind), dan lain-lain. Grup ini dimaksudkan sebagai tempat anggotanya dididik menjadi “super lady” sehingga sampai masa tertentu mereka harus dilepas kedalam dunia nyata. Para lulusan yang telah berjumlah 16 orang tersebut tidak dipaksa untuk melanjutkan berkiprah sebagai pemusik, karena “super lady” tidak hanya ada dalam dunia tarik suara. Hal tersebut terbukti dengan alumni-alumni yang kemudian memilih untuk meninggalkan layar kaca, seperti lulusan-lulusan mereka tahun ini; Isono Rinon yang memilih untuk menjadi manajer panggung, serta Shirai Saki dan Ooga Saki yang ingin melanjutkan studi mereka.